PENGARUH KREATIVITAS BERPIKIR, MOTIVASI BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AQIDAH AKHLAK KELAS XI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Nurhaeni, Farida and Dr. H., Baidi, M.Pd (2018) PENGARUH KREATIVITAS BERPIKIR, MOTIVASI BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AQIDAH AKHLAK KELAS XI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2017/2018. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
FARIDA NURHAENI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Pengaruh kreativitas berpikir terhadap prestasi belajar 2) Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar, 3) Pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar, 4) Pengaruh kreativitas berpikir dan motivasi belajar prestasi belajar, 5) Pengaruh kreativitas berpikir dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar, 6) Pengaruh motivasi belajar dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar, 7) Pengaruh kreativitas berpikir, motivasi belajar dan disiplin belajar secara bersama terhadap prestasi belajar aqidah akhlak Kelas XI MAN Sukoharjo Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan jenis kuanitatif. Bertempat di Madrasah Aliyah Negeri Sukoharjo. Pada bulan Nopember 2017 sampai Maret 2018. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Sukoharjo sejumlah 214 siswa. Peneliti hanya mengambil 30% dari jumlah populasi sehingga hanya 64 siswa, adapun teknik pengambilan sampel, dengan menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Variabel kreativitas berpikir memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar dengan kontribusi sebesar 39,9%. 2) Variabel motivasi belajar memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar dengan kontribusi sebesar 57,9%. 3) Variabel disiplin belajar memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar dengan kontribusi sebesar 10,6%. 4) Variabel krestivitas berpikir dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar aqidah akhlak sebesar 63,2% sedangkan sisanya sebesar 36,8%, 5) Variabel kreativitas berpikir dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar aqidah akhlak sebesar 49,7%, 6) Variabel motivasi belajar dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar aqidah akhlak sebesar 60,7%, 7) Secara bersama-sama variabel kreativitas berpikir, motivasi belajar, disiplin belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar Aqidah Akhlak sebesar 67,2 %, sementara sisanya yaitu sebesar 32,8 % dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model (tidak diteliti dalam penelitian ini) Kata kunci : Pengaruh, kretaivitas berpikir, motivasi, disiplin, prestasi belajar

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 20 Feb 2019 01:52
Last Modified: 20 Feb 2019 01:52
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/3201

Actions (login required)

View Item View Item