MANAJEMEN PEMBELAJARAN RUMPUN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI RAUDHATUL ATHFAL (RA) AL FITHRAH 03 BULAKAN SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Fikriah, Farah Faida and Dr. H., Baidi, M.Pd (2018) MANAJEMEN PEMBELAJARAN RUMPUN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI RAUDHATUL ATHFAL (RA) AL FITHRAH 03 BULAKAN SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2017/2018. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
FARAH FAIDAH FIKRIAH.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Manajemen pembelajaran Pendidikan Agama Islam 2) Hambatan-hambatan yang ditemui saat memanajemen pembelajaran Pendidikan Agama Islam, 3) Solusi yang diterapkan dalam menghadapi hambatan-hambatan dalam memanajemen pembelajaran PAI di RA Al Fithrah 03 Bulakan Sukoharjo. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian dilaksanakan di RA Al Fithrah 03 dari bulan Oktober 2017 sampai bulan Maret 2018. Subjek penelitian ini yakni Guru. Sedangkan untuk informan yakni Sekretaris RA Al Fithrah 03 dan sebagian orangtua dan wali peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Sedangkan untuk analisis data, menggunakan model interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) Manajemen pembelajaran di RA Al Fithrah 03 dimulai dengan menyusun RPP. Penyusunan RPP di RA Al Fithrah 03 telah melewati tahap modifikasi dengan menambahkan materi keagamaan. Tahapan selanjutnya adalah pengorganisasian, dalam pengorganisasian dilakukan pengelompokkan materi sesuai dengan tema, menyeting tempat duduk peserta didik, mengenali tingkah laku peserta didik di kelas, dan pemilihan model pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran di RA Al Fithrah 03 menggunakan buku panduan yang berisi materi-materi PAI yang akan diajarkan. Dalam penyampaian materi pendidik menggunakan metode talaqqi, ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan pengulangan. Media pembelajaran yang digunakan adalah gambar cetak, majalah, papan tulis, boneka, audio, video, LCD proyektor, TV. Evaluasi yang dilakukan meliputi penilaian harian, penilaian mingguan, penilaian bulanan, penilaian semesteran. Penilaian-penilaian itu berbentuk catatan harian, anecdotal record, skala capaian perkembangan anak, portofolio/hasil karya, laporan perkembangan anak, dan raport. 2) Hambatanhambatan yang ada dalam manajemen pembelajaran yakni peserta didik yang belum terbiasa dengan keadaan di sekolah sehingga tidak bisa fokus dalam pembelajaran. 3) Solusi yang dilakukan dalam menghadapi hambatan tersebut yaitu pendidik memberikan penghargaan kepada peserta didik jika peserta didik dapat mengikuti pembelajaran dengan baik. Kata Kunci: Manajemen, Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Anak Usia Dini, Raudhatul Athfal

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 20 Feb 2019 01:52
Last Modified: 20 Feb 2019 01:52
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/3200

Actions (login required)

View Item View Item