UPAYA MAJELIS PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH MUHAMMADIYAH (DIKDASMEN) DALAM MELAKSANAKAN TAHFIDZUL QUR’AN DENGAN METODE AL QASIMI BAGI GURU MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH KECAMATAN GATAK TAHUN 2018

Fajarwati, Dinul and Dr. H., Baidi, M.Pd (2018) UPAYA MAJELIS PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH MUHAMMADIYAH (DIKDASMEN) DALAM MELAKSANAKAN TAHFIDZUL QUR’AN DENGAN METODE AL QASIMI BAGI GURU MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH KECAMATAN GATAK TAHUN 2018. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
DINUL FAJARWATI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui : (1) Upaya majelis pendidikan dasar dan menengah Muhammadiyah dalam melaksanakan tahfidzul Qur‟an dengan metode Al-Qasimi pada guru Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Kecamatan Gatak. (2) Hambatan yang dihadapi majelis pendidikan dasar dan menengah Muhammadiyah dalam melaksanakan tahfidzul Qur‟an dengan metode Al-Qasimi pada guru Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Kecamatan Gatak. (3) Solusi majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Muhammadiyah dalam melaksanakan tahfidzul Qur‟an dengan metode Al-Qasimi pada guru Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Kecamatan Gatak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di majelis dikdasmen Muhammadiyah Kecamatan Gatak, mulai bulan Maret hingga April. Subyek penelitian ini adalah pimpinan majelis dikdasmen Muhammadiyah Kecamatan Gatak . Sedangkan informan : guru, kepala madrasah dan tenaga kependidikan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik yang digunakan untuk memeriksa validasi data adalah triangulasi dengan sumber dan metode. Teknik analisis data menggunakan model interaktif melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini : (1) Upaya majelis dikdasmen dalam meningkatkan kompetensi guru di bidang tahfidzul Qur‟an di Madrasah Ibridaiyah Muhammadiyah Kecamatan Gatak meliputi : pembinaan dan sosialisasi program tahfidzul Qur‟an, mengirim ustadz dari pondok pesantren ke tempat-tempat kegiatan, memberikan pengawasan pelaksanaan program tahfidzul Qur‟an dan memberikan buku panduan tahfidzul Qur‟an. (2) Dalam pelaksanaan program tahfidzul Qur‟an masih didapati hambatan, antara lain : kemampuan guru yang berbeda, jadwal pelaksanaan yang berbenturan dengan kegiatan dinas, ustadz berhalangan hadir dan faktor cuaca. (3) Solusinya : dilakukan pembinaan, bimbingan, kegiatan pelatihan, workshop ataupun kursus, memotivasi agar guru mempunyai kemauan untuk menghafal, menerapkan hafalan dengan metode AQasimi dalam lingkup sekolah dengan melibatkan siswa dalam kesehariannya. Sinkronisasi komponen-komponen pelaksanaan program tahfidzul Qur‟an baik komponen guru, ustadz maupun jadwal pelaksanaan tahfidzul Qur‟an di lingkungan guru muhammadiyah kecamatan Gatak Kata Kunci : Tahfidzul Qur'an dan Al Qasimi

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 20 Feb 2019 01:52
Last Modified: 20 Feb 2019 01:52
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/3197

Actions (login required)

View Item View Item