KESESUAIAN ANTARA MATERI DALAM BUKU AJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS IV SEKOLAH DASAR TERBITAN KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN TAHUN 2016 DENGAN KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR KURIKULUM 2013

Pertiwi, Cahyaningrum Amurbo and Dr. Hj., Erwati Aziz, M. Ag. (2018) KESESUAIAN ANTARA MATERI DALAM BUKU AJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS IV SEKOLAH DASAR TERBITAN KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN TAHUN 2016 DENGAN KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR KURIKULUM 2013. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
CAHYANINGRUM AMURBO PERTIWI.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian antara materi dan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar pada Kurikulum 2013 dalam buku ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas IV terbitam Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka (Library Reasearch), dengan mengambil objek penelitian yaitu Buku Ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas IV terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi. Analisis data dengan dengan menggunakan Content Analysis yaitu mendiskripsikan naskah dalam buku ajar, kemudian darihasil analisis tersebut kemudian dibandingan dengan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar yang sudah dirumuskan dalam Permendikbud No. 24 tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013. Hasil penelitian analisis kesesuaian antara materi dengan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar kurikulum 2013 pada buku ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas IV terbitan Kemendikbud tahun 2016 adalah sebagai berikut: 1) Buku ini dibagi menjadi 10 pelajaran. Adapun pelajaran yang sudah sesuai dengan KI dan KD Kurikulum 2013 adalah pada pelajaran, pertama, kedua, kelima, ketujuh, kedelapan, kesembilan, dan kesepuluh. Sedangkan pelajaran yang tidak sesuai dengan KI-KD adalah pelajaran tiga, empat, dan enam masih kurang sesuai dengan KI dan KD. 2) Kesesuaian materi dalam buku pendidikan agama Islam dan Budi Pekerti terbitan Kemendikbud tahun 2016 ini sudah sesuai dengan KI dan KD Kurikulum 2013 yang sudah direvisi, baik berada dalam buku guru maupun ada dalam tambahan dalam buku siswa. Sedangkan yang tidak sesuai untuk pelajaran ketiga yang hilang adalah KD-2.20 yang materinya tidak cocok dengan yang ada dalam buku. Kemudian pelajaran keempat tidak sesuai karena melebihi dengan KD yang seharusnya, yaitu terdapat materi najis dan cara membersihkannya serta materi hadas besar. Kemudian yang terakhir adalah pada pelajaran keenam yang menyebabkan tidak sesuai adalah ketidakadaan terjemaha Q.S al-Fil baik dalam buku siswa maupun buku guru. Ketidaksesuaian ini terjadi karena waktu penyusunan buku bersamaan dengan penyusunan Permendikbud no. 24 tahun 2016 selain itu kurangnya koordinasi antara tim penerbit dan tim penulis juga menjadi factor ketidaksesuaian tersebut. Kata Kunci : Kurikulum 2013, Buku Ajar PAI &Budi Pekerti

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 20 Feb 2019 01:51
Last Modified: 20 Feb 2019 01:51
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/3195

Actions (login required)

View Item View Item