HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS BELAJAR DAN METODE PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH AL MA’ARIF KWARASAN JUWIRING KLATEN TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Rahmawati, Budi and Dr. H., Purwanto, M. Pd (2018) HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS BELAJAR DAN METODE PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH AL MA’ARIF KWARASAN JUWIRING KLATEN TAHUN PELAJARAN 2017/2018. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
BUDI RAHMAWATI.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Hubungan antaraintensitas belajar dengan prestasi belajar Bahasa Arab di MI Al Ma’arif Kwarasan Juwiring, 2) Hubungan antara metode pembelajaran dengan prestasi belajar Bahasa Arab di MI Al Ma’arif Kwarasan Juwiring 3) Hubungan antara intensitas belajardan metode pembelajaran secara bersama-sama dengan prestasi belajar Bahasa Arab di MI Al Ma’arif Kwarasan Juwiring Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatf korelasional yang bertempat di Madrasah Ibtidaiyah Al Ma’arif Kwarasan dilaksanakan pada bulan September sampai dengan November 2017. Populasi penelitian adalah seluruh siswa MI di MIAl Ma’arif Kwarasan Juwiring yang berjumlah 40 orang dan sekaligus dijadikan sampel penelitian (penelitian populasi). Teknik pengumpulan data yang digunakan: (1) angket untuk memperoleh data variable intensitas belajar, sebelum digunakan dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Adapun uji validitas dengan menggunakan teknik korelasi Product Moment dan uji reliabilitas dengan menggunakan rumus koefisien Cronbach’s Alpha. (2)Tes formatif untuk memperoleh data prestasi belajar bahasa Arab. Data yang terkumpul melalui melalui teknik tersebut diolah dan dianalisis untuk menemukan kesimpulan, diantaranya kesimpulan dari hasil pengujian hipotesis. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisis regresi dan korelasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut : 1)Variabel Intensitas Belajar (X1) tidak berhubungan dengan prestasi belajar bahasaArab (Y) MI Al Ma’arif Kwarasan Juwiring, dengan memberikan sumbangan sebesar 0,118. 2) Variabel metode pembelajaran (X2) berhubungan dengan prestasi belajar bahasa Arab (Y) MI Al Ma’arif Kwarasan Juwiring dengan sumbangan sebesar 0,529 dengan perolehan rata-rata tertinggi pada metode pembelajaran dengan metode permainan yaitu 69,15 yang berarti prestasi belajar bahasa Arab dipengaruhi oleh metode pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan metodepermainan. 3) Variabel intensitas belajar dan metode pembelajaran bahasa Arab secara bersama-sama berhubungan dengan prestasi belajar bahasa Arab MI Al Ma’arif Kwarasan Juwiring dengan memberikan sumbangan sebesar 7,982 dengan persamaan regresi linier Y = 41,018 + 0,210 (40) + 14,760 (40) = 55,988. Hal ini berarti jika intensitas belajar dan metode pembelajaran ditingkatkan optimal (40) maka prestasi belajar Bahasa Arab menjadi 55,988. Kata Kunci : Intensitas belajar, metode pembelajaran, prestasi belajar Bahasa Arab

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 20 Feb 2019 01:51
Last Modified: 20 Feb 2019 01:51
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/3194

Actions (login required)

View Item View Item