MANAJEMEN STRATEGIK DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN ISLAM DI SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH “AL BAYYIN” TAMBAKBOYO PEDAN KLATEN TAHUN 2017 / 2018

Banawati, Banawati and Dr. H., Imam Sukardi, M.Ag (2018) MANAJEMEN STRATEGIK DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN ISLAM DI SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH “AL BAYYIN” TAMBAKBOYO PEDAN KLATEN TAHUN 2017 / 2018. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
BANAWATI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk : 1) Mengetahui manajemen strategik yang dilakukan di SD Muhammadiyah “Al Bayyin”Tambakboyo Pedan Klaten dalam meningkatkan mutu Pendidikan. .2) Mengetahui upaya-upaya yang dilakukan untuk meningkatkan mutu Pendidikan di SD Muhammadiyah “Al Bayyin” Tambakboyo Pedan Klaten. 3).Mengetahui faktor penghambat dan pendukung dalam proses peningkatan mutu Pendidikan di SD Muhammadiyah “Al Bayyin” Tambakboyo Pedan Klaten Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SD Muhammadiyah “Al Bayyin” Tambakboyo Pedan Klaten mulai bulan Juli sampai Oktober 2017. Adapun subyek penelitian adalah kepala sekolah. Informan penelitian antara lain : Waka. Kurikulum, Waka.Kesiswaan, Waka sarana prasarana, Waka. Humas, guru penjaskes. Teknik pengumpulan data, meliputi : Wawancara, Observasi dan Dokumentasi.Teknik keabsahan data menggunakan metode Triangulasi sumber dan metode. Teknik analisis data menggunakan model interaktif,yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian mengungkap Manajemen Strategik Dalam Meningkatan Mutu Pendidikan di SD Muhammadiyah “Al Bayyin” Tambakboyo Pedan Kabupaten Klaten dapat dideskripsikan (1) a.Perencanaan peningkatan kualitas guru dan peningkatan prestasi siswa baik akademik ataupun non akademik ; b.Pengorganisasian peningkatan mutu pendidikan dengan membentuk tim peningkatan mutu yang bertugas mengawasi proses pengembangan mutu di SD Muhammadiyah Al Bayyin ; c. Pelaksanaan peningkatan mutu pendidikan yang disesuaikan dengan standar SNP : d.Pengawasan peningkatan mutu pendidikan dengan melakukan rapat koordinasi setiap bulan. (2) Upaya-upaya yang dilakukan untuk meningkatkan mutu Pendidikan dengan menjalankan kebijakan pemerintah dalam melaksanakan delapan standar pendidikan nasional (3) Faktor yang penghambat proses peningkatan mutu, Faktor penghambat diantaranya : a) Kurangnya fasilitas yang memadai. b)Guru kurang optimal dalam menggunakan media dan metode pembelajaran. c) Tanggung jawab warga madrasah yang kurang maksimal. d) arus globalisasi dan informasi yang dapat mempengaruhi moral siswa. f) Kemampuan ekonomi orang tua siswa Faktor pendukung diantaranya : a) Tingginya daya dukung komite madrasah. b) Letak madrasah yang strategis dan ideal c) Mempunyai tenaga pendidik dan kependidikan yang sesuai dengan kualifikasi d) Mempunyai administrasi yang lengkap e) Daya dukung orang tua siswa danmasyarakat sekitar . Kata kunci : Manajemen strategik, Mutu pendidikan

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 20 Feb 2019 01:51
Last Modified: 20 Feb 2019 01:51
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/3192

Actions (login required)

View Item View Item