MANAJEMEN PEMBELAJARAN AL QUR’AN HADITS DI MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH (MIM) PULUHAN TRUCUK KABUPATEN KLATEN TAHUN 2017/2018

Purwaningsih, Arik and Dr. Hj., Erwati Aziz, M. Ag. (2018) MANAJEMEN PEMBELAJARAN AL QUR’AN HADITS DI MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH (MIM) PULUHAN TRUCUK KABUPATEN KLATEN TAHUN 2017/2018. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
ARIK PURWANINGSIH.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui : 1). Perencanaan pembelajaran al Qur’an Hadits di MIM Puluhan Trucuk Klaten; 2). Pelaksanaan pembelajaran al Qur’an Hadits di MIM Puluhan Trucuk Klaten; 3). Evaluasi pembelajaran al Qur’an Hadits di MIM Puluhan Trucuk Klaten. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di MIM Puluhan Trucuk Klaten mulai bulan Desember 2017 sampai Maret 2018. Adapun subyek penelitian adalah manajemen pembelajaran al Qur’an Hadits. Informan penelitian antara lain : Kepala Madrasah, Waka. Kurikulum, dan siswa. Teknik pengumpulan data, meliputi : Wawancara, Observasi dan Dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan teknik Triangulasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diketahui bahwa manajemen pembelajaran al Qur’an Hadits di MIM Puluhan Trucuk Klaten tahun 2017/2018 dilakukan melalui (1) perencanaan pembelajaran al Qur’an Hadits dengan mempersiapkan perangkat pembelajaran yang berkaitan dengan bahan pelajaran berupa buku, jurnal, dan media pelajaran; (2) pelaksanaan pembelajaran al Qur’an Hadits dilakukan melalui pengelolaan siswa, pembinaan, pengelolaan kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan metode yang sesuai materi pelajaran; (3) evaluasi pembelajaran al Qur’an Hadits untuk menginformasikan hasil belajar berupa kompetensi dasar yang dikuasai dan yang belum dikuasai oleh siswa, memotivasi siswa, juga untuk perbaikan serta peningkatan kualitas pembelajaran oleh guru. Adapun hambatan dalam manajemen pembelajaran al Qur’an Hadits di MIM Puluhan sekitar 25% siswa belum bisa membaca al Qur’an karena masih belum lancar membaca dan menulis dan jumlah siswa dalam satu kelas terlalu banyak. Solusinya memberikan les tambahan bagi siswa yang belum bisa membaca al Qur’an. Kata kunci : Manajemen pembelajaran, al Qur’an Hadits

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 20 Feb 2019 01:51
Last Modified: 20 Feb 2019 01:51
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/3191

Actions (login required)

View Item View Item