IMPLEMENTASI SUPERVISI KEPALA SEKOLAH PADA GURU DI RAUDHATUL ATHFAL AL FURQOON KECAMATAN KLATEN TENGAH KABUPATEN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Susilowati, Ari and Dr. H., Baidi, M.Pd (2018) IMPLEMENTASI SUPERVISI KEPALA SEKOLAH PADA GURU DI RAUDHATUL ATHFAL AL FURQOON KECAMATAN KLATEN TENGAH KABUPATEN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2017/2018. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
ARI SUSILOWATI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui Implementasi Supervisi Kepala Sekolah pada guru. 2) Mengetahui Faktor Pendukung dan penghambat dalam Implementasi supervisi kepala sekolah pada guru. 3) Mengetahui solusi untuk mengatasi hambatan dalam Implementasi supervisi kepala sekolah pada guru di Raudhatul Athfal Al Furqoon tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif. Bertempat di Raudhatul Athfal Al Furqoon Kecamatan Klaten Tengah Kabupaten Klaten. Pada bulan Pebruari-Maret 2018. Subyek Penelitian ini Kepala Sekolah, sedangkan informan adalah Guru. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi.Uji Keabsahan data dengan menggunakan triagulasi sumber. Analisis data dengan model interaktif dari Miles and Huberman, yang dimulai dengan pengumpulan data, reduksi data penyajian data dan penyimpulan. Hasil menunjukkan bahwa : 1) Dalam pelaksanaan supervisi kepala sekolah ini, meliputi, antara lain : a) Kepala Sekolah membuat dokumen program supervisi akademik dengan mencantumkan tujuan dan sasaran supervisi akademik, jadwal serta instrumen. Kepala Sekolah membuat surat tugas, jadwal dan, menyiapkan instrumen. b) Kepala sekolah menerapkan prinsip kooperatif, berkesinambungan, dan humanis. c) Kepala sekolah menerapkan teknik kunjungan Kelas, pertemuan individu, dan rapat. d) Hasil supervisi Akademik ini dimanfaatkan sekolah sebagai dasar pertimbangan melaksanakan pembinaan terhadap guru tersebut yaitu mengadakan workshop atau, seminar mengenai pembelajaran dengan mendatangkan narasumber dari Pengawas RA/BA atau para motivator yang di bidang pendidikan. 2) Faktor pendukung pelaksanaan supervisi adalah guru menanggapi secara positif tentang pelaksanaan supervisi, terjalinnya hubungan yang baik antara guru dengan guru dan kepala sekolah dengan guru dan timbulnya kesadaran guru untuk meningkatkan kemampuannya. Sedangkan hambatannya adalah adanya guru yang tidak hadir waktu pelaksanaan supervisi yang disebabkan karena sakit, izin dan mengikuti pelatihan,adanya guru yang gugup ketika dilakukan supervise, dan kesibukan kepala sekolah dan guru. 3) solusi dalam penelitian ini adalah Kepala sekolah dan guru mengadakan kesepakatan kapan pelaksanaan dilakukannya kunjungan kelas, kepala sekolah mengadakan pembinaan untuk menyadarkan kedisplinan guru dalam melaksanakan tugasnya serta pembuatan jadwal pelaksanaan supervisi. Kata Kunci : Supervisi Kepala Sekolah

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 20 Feb 2019 01:51
Last Modified: 20 Feb 2019 01:51
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/3190

Actions (login required)

View Item View Item