EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELING DALAM MENINGKATKAN KESADARAN KONFLIK INTERPERSONAL REMAJA PENERIMA MANFAAT DI SASANA PELAYANAN SOSIAL ANAK “PAMARDI UTOMO” BOYOLALI

ISTIQOMAH, UMI and Budi, Santoso, S.Psi (2018) EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELING DALAM MENINGKATKAN KESADARAN KONFLIK INTERPERSONAL REMAJA PENERIMA MANFAAT DI SASANA PELAYANAN SOSIAL ANAK “PAMARDI UTOMO” BOYOLALI. skripsi thesis, IAIN SURAKARTA.

[img]
Preview
Text
UMI ISTIQOMAH.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Umi Istiqomah, NIM 14.12.2.1.042. Efektivitas Bimbingan Kelompok dengan Teknik Modeling dalam Meningkatkan Kesadaran Konflik Interpersonal Remaja Penerima Manfaat di Sasana Pelayanan Sosial Anak “Pamardi Utomo” Boyolali. Skripsi. Jurusan Bimbingan Konseling Islam. Fakultas Ushuluddin dan Dakwah. Institut Agama Islam Negeri Surakarta, 2018. Problematika remaja sering bersumber dari hambatan dalam perkembangan aspek fisik, emosional, sosial dan intelektual. Karena perkembangan emosi yang belum stabil cenderung membuat remaja mudah marah bergejolak sehingga membuat mereka rentan dengan konflik interpersonal. Tujuan dari penelitian ini adalah adalah untuk mengetahui efektivitas bimbingan kelompok dengan teknik modeling dalam meningkatkan kesadaran konflik interpersonal remaja penerima manfaat di Sasana Pelayanan Sosial Anak “Pamardi Utomo” Boyolali. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan Bimbingan dan Konseling. Penelitian ini dilakukan di Sasana Pelayanan Sosial Anak “Pamardi Utomo” Boyolali. Subjek penelitian ini berjumlah 30 remaja dengan kriteria usia 13-18 tahun. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Setiap siklus beralokasi 1x90 menit yang terdiri dari berbagai kegiatan bimbingan kelompok. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh dengan observasi, angket konflik interpersonal, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kesadaran konflik interpersonal dari kondisi awal sebelum diberi tindakan yaitu rata-rata 102, menjadi 107 pada siklus I, dan pada siklus II meningkat menjadi 110. Hasil uji hipotesis nilai Z pada pra penelitian-siklus I adalah -4,793 dan Asymp. Sig. (2-tailed) adalah 0,000. Jika 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak jadi, kesimpulannya ada peningkatan kesadaran konflik interpersonal sehingga bimbingan kelompok dengan teknik modeling efektif dalam meningkatkan kesadaran konflik interpersonal pada remaja penerima manfaat. Nilai Z pada pra penelitian-siklus II adalah -3,694 dan Asymp. Sig. (2-tailed) adalah 0.000. Jika 0.000 < 0,05 maka Ho ditolak jadi, kesimpulannya ada peningkatan kesadaran konflik interpersonal sehingga bimbingan kelompok dengan teknik modeling efektif dalam meningkatkan kesadaran konflik interpersonal pada remaja penerima manfaat. Nilai Z pada siklus I-siklus II adalah -2,460 dan Asymp. Sig. (2-tailed) adalah 0,014. Maka Ho diterima dan tidak terdapat perbedaan di siklus I-siklus II. Dengan demikian, dapat dinyatakan bahwa terdapat peningkatan signifikan mengenai kesadaran konflik interpersonal remaja penerima manfaat di Sasana Pelayanan Sosial Anak “Pamardi Utomo” Boyolali antar siklus pra penelitian dengan siklus I maupun siklus II, namun tidak signifikan pada siklus I dan siklus II. Kata Kunci: Bimbingan Kelompok, Teknik Modeling, Konflik Interpersonal, Remaja

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.2 Dakwah Islam
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 20 Feb 2019 01:51
Last Modified: 20 Feb 2019 01:51
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/3175

Actions (login required)

View Item View Item