AN ERROR ANALYSIS IN WRITING DESCRIPTIVE TEXT MADE BY THE EIGHTH GRADE STUDENTS OF MTS N TINAWAS IN ACADEMIC YEAR 2017/2018

Rohmad, Nur and Dr. H., Giyoto, M. Hum. (2018) AN ERROR ANALYSIS IN WRITING DESCRIPTIVE TEXT MADE BY THE EIGHTH GRADE STUDENTS OF MTS N TINAWAS IN ACADEMIC YEAR 2017/2018. skripsi thesis, IAIN SURAKARTA.

[img]
Preview
Text
MUR ROHMAD.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Rohmad, Nur. 2018. An Error Analysis in Writing Descriptive Text Made by the Eighth Grade of Students of MTs N Tinawas in the Academic Year of 2017/2018. Skripsi. Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Counselor : Dr..Giyoto M. Hum Key Words : Error, Error Analysis, Descriptive Text, Writing Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui kesalahan yang dibuat oleh siswa MTs N Tinawas tahun ajaran 2017/2018 dan penyebab kesalahan dalam membuat teks deskriptif. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Peneliti memilih kelas delapan MTs N Tinawas tahun ajaran 2017/2018 dan berjumlah 25 orang. Data dianalisa dengan menggunakan metode analisis kesalahan. Jenis-jenis kesalahan diklasifikasikan berdasarkan kategori kebahasaan yaitu strategi pendekatan taksonomi. Faktor yang mempengaruhi kesalahan dapat diketahui dari hasil wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada jenis-jenis kesalahan berdasarkan strategi pendekatan taksonomi seperti omission of subject, omission of to be in the simple present tense, omission of –s/-es in the verb form, omission of –s/-es in the plural form, addition of s/-es in the singular form, addition of to be in the simple present tense, addition of preposition, misformation, and misordering. Dari hasil penelitian, kesalahan tertinggi adalah misformation (33.33%). Kesalahan terkecil adalah addition (11.11%). Disisi lain penyebab kesalahan tertinggi adalah karena carelessness (59.25%) sedangkan penyebab kesalahan terkecil adalah karena first language (6.17%). Beberapa kesalahan tugas dari siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor. Sementara itu, kesalahan yang paling dominan karena kekurangan pemahaman tata bahasa. Dari hasil penelitian ini peneliti menyimpulkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis masih lemah. Siswa masih membuat kesalahan penulisan tata bahasa karena dipengaruhi kekurangan pemahaman tentang tata bahasa. Siswa masih menggunakan aturan Bahasa Indonesia dalam merangkai kalimat. Siswa juga masih menggunkan pola Indonesia ke Inggris untuk menerjemahkan kalimat.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 400 Bahasa > 420 English and Old English
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 20 Feb 2019 01:49
Last Modified: 20 Feb 2019 01:49
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/3146

Actions (login required)

View Item View Item