PERAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU MADRASAH di MI MUHAMMADIYAH TARAMAN, SIDOHARJO, SRAGEN TAHUN 2017/2018

NURLAILA, AULIA ALFU and Dra. Hj., Noor Alwiyah, M.Pd (2018) PERAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU MADRASAH di MI MUHAMMADIYAH TARAMAN, SIDOHARJO, SRAGEN TAHUN 2017/2018. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
AULIA ALFU NURLAILA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Aulia Alfu Nurlaila, Mei 2018, Peran Kepala Madrasah Dalam Meningkatakan Mutu Madrasah di MI Muhammadiyah Taraman Sidoharjo Sragen Tahun 2017/2018, Skripsi: Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta. Pembimbing: Dra. Hj. Nor Alwiyah, M. Pd Kata Kunci: Kepala Madrasah, Mutu Madrasah Latar belakang penelitian ini adalah pendidikan merupakan bekal yang sangat penting untuk bersaing di dunia Internasuionalpada zaman yang semakin maju dan berkembang seperti saat ini. Kepala madrasah mempunyai peran yang sangat penting bagi dunia pendidikan yang di pimpinnya. Oleh sebab itu, kepala Madrasah Ibtidaiyah Muhannadiyah Taraman mempunyai peran yang sangat penting yang nantinya akan berdampak pada peningkatan mutu madrasah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran kepala madrasah dalam meningkatkan mutu madrasah di MI Muhammadiyah Taraman Sidoharjo Sragen pada tahun 2017/2018 Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dengan metode ini diharapkan dapat diperoleh pemahaman da penafsiran yang menadalam tentang makna dari kenyataan yang relevan. Dilaksanakan di MI Muhammdiyah Taraman Sidoharjo Sragen. Subyek dalam penelitian ini adalah kepala madrasah. Sedangkan informan dalam penelitian ini adalah dewan pengurus yayasan, para guru dan siswa. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk mengetahui keabsahan data dengan teknik triangulasi sumber dan metode dengan menggunakan analisis interaktif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam meningkatkan mutu madrasah di MI Muhammadiyah Taraman Sidoharjo Sragen kepala madrasah berperan sebagai educator, manajer, supervisor, leader, inovator, dan motivator. Sedangkan untuk mengetahui keberhasilan dalam peningkatan mutu madrasah dapat dilihat dari tiga aspek yaitu output, proses, input.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 20 Feb 2019 01:47
Last Modified: 20 Feb 2019 01:47
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/3090

Actions (login required)

View Item View Item