HUBUNGAN PRESTASI PEMBELAJARAN FIQH DENGAN SIKAP TOLERANSI PERBEDAAN MAZHAB FIQH MAHASISWA PAI KONSENTRASI FIQH SEMESTER VI IAIN SURAKARTA TAHUN AKADEMIK 2017/2018

Rohman, Tamam Hadi Nur and Drs., Suluri, M. Pd (2018) HUBUNGAN PRESTASI PEMBELAJARAN FIQH DENGAN SIKAP TOLERANSI PERBEDAAN MAZHAB FIQH MAHASISWA PAI KONSENTRASI FIQH SEMESTER VI IAIN SURAKARTA TAHUN AKADEMIK 2017/2018. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
TAMAM HADI NUR ROHMAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tamam Hadi Nur Rohman. (143.111.174), 2018, Hubungan Prestasi Pembelajaran Fiqh Dengan Sikap Toleransi Perbedaan Mazhab Fiqh Mahasiswa PAI Konsentrasi Fiqh Semester VI IAIN Surakarta Tahun Akademik 2017/2018. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta. Pembimbing : Drs. Suluri, M.Pd, Kata Kunci : Prestasi Fiqh, Sikap Toleransi Perbedaan Mazhab Fiqh Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih banyaknya kasus-kasus intoleransi dalam Islam, termasuk dalam perbedaan mazhab, baik itu dalam kalangan masyarakat luas maupun pada dunia mahasiswa. Tujuan Penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui nilai prestasi pembelajaran Fiqh mahasiswa PAI konsentrasi Fiqh semester 6 tahun akademik 2017/2018, 2) Untuk mengetahui sikap toleransi perbedaan mazhab Fiqh pada mahasiswa PAI konsentrasi Fiqh semester 6 tahun akademik 2017/2018, 3) Untuk mengetahui hubungan antara prestasi pembelajaran Fiqh dengan sikap toleransi perbedaan mazhab Fiqh mahasiswa PAI konsentrasi Fiqh semester 6 tahun akademik 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif korelasional. Penelitian ini dilaksanakan di IAIN Surakarta mulai dari bulan Desember 2017 sampai dengan Mei 2018. Populasi meliputi seluruh mahasiswa PAI semester 6 konsentrasi Fiqh yang berjumlah 86 mahasiswa, sedangkan sampel berjumlah 85 mahasiswa. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa angket untuk mengukur variabel sikap toleransi dan dokumen untuk prestasi Fiqh. Uji coba instrumen sikap toleransi menghasilkan 27 valid dari 37 instrumen. Uji reliabilitas instrumen sikap toleransi menggunakan rumus Alfa cronbach diperoleh rhitung 0,889. Data yang terkumpul dianalisis dengan rumus Korelasi Spearman Rank. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) prestasi Fiqh mahasiswa paling banyak pada kategori sedang. Hal ini ditunjukkan dengan hasil angket yang memiliki rata-rata 14,44, median 14,50, modus 14,50, dan standar deviasi 0,38; 2) sikap toleransi mahasiswa paling banyak pada kategori sedang. Hal ini ditunjukkan dengan hasil angket yang memiliki rata-rata 118,62, median 119,50, modus 119, dan standar deviasi 8,82; 3) Hasil korelasi Spearman Rank diperoleh nilai

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 20 Feb 2019 01:46
Last Modified: 20 Feb 2019 01:46
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/3085

Actions (login required)

View Item View Item