UPAYA GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ISLAMI MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN BAGI SISWA DI SMP AL ISLAM 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017 / 2018

KUSUMAWATI, SISKA and Dr., Fauzi Muharom, M. Ag. (2018) UPAYA GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ISLAMI MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN BAGI SISWA DI SMP AL ISLAM 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017 / 2018. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
SISKA KUSUMAWATI.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Siska Kusumawati, 2018, Upaya Guru dalam Pembentukan Karakter Islami melalui Kegiatan Keagamaan bagi Siswa di SMP Al Islam 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018, Skripsi: Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta. Pembimbing : Dr. Fauzi Muharom, M.Ag. Kata Kunci : Karakter Islami, Kegiatan Keagamaan Guru merupakan pihak yang berperan penting dalam upaya pembentukan karakter Islami siswa. Melalui kegiatan keagamaan guru dapat membimbing dan membentuk karakter Islami siswa. SMP Al Islam 1 Surakarta merupakan lembaga pendidikan yang mempunyai beragam kegiatan keagamaan yang sangat mendukung dalam pembentukan karakter Islami. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode guru dalam pembentukan karakter Islami melalui kegiatan keagamaan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Al Islam 1 Surakarta pada bulan Januari sampai Mei tahun 2018. Subjek dalam penelitian ini adalah koordinator kegiatan keagamaan. Informan penelitian ini adalah kepala sekolah, waka humas, staf kesiswaan dan siswa. Pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk mengetahui keabsahan data dengan menggunakan triangulasi metode dan triangulasi sumber. Data dianalisis menggunakan analisis data interaktif dengan langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa upaya guru dalam pembentukan karakter Islami siswa di SMP Al Islam 1 Surakarta melalui beberapa metode. Metode pembentukan karakter yang digunakan oleh guru di SMP Al Islam 1 Surakarta antara lain, melalui metode keteladanan, melalui metode pembiasaan-pembiasaan, melalui nasihat dan memberi perhatian/ konseling dan melalui metode reward and punishment.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 20 Feb 2019 01:46
Last Modified: 20 Feb 2019 01:46
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/3084

Actions (login required)

View Item View Item