PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR‟AN (BTA) SISWA KELAS IV DI SD NEGERI PURWOSUMAN 1 SIDOHARJO SRAGEN TAHUN AJARAN 2017/2018

Wijayanto, Nur Andi (2018) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR‟AN (BTA) SISWA KELAS IV DI SD NEGERI PURWOSUMAN 1 SIDOHARJO SRAGEN TAHUN AJARAN 2017/2018. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
NUR ANDI WIJAYANTO.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Nur Andi Wijayanto (133111397). 2018. Pelaksanaan Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an (BTA) pada Siswa Kelas IV di SD N Purwosuman 1 Sidoharjo Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2017/2018, Skripsi, Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Surakarta. Pembimbing : Dra. Hj. Maslamah, M.Ag Kata Kunci : Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur‟an (BTA) Belajar al-Qur‟an merupakan sesuatu hal yang utama yang wajib dilakukan bagi kaum umat Islam. Maka dari itu mempelajari al-Qur‟an dapat dimuali sejak usia dini karena dimasa seperti itu merupakan masa pembentukan watak yang ideal, sebab pada masa kanak-kanak, mereka mudah menerima apa saja yang didengar dan dilihat. Namun, kenyataanya sampai saat ini masih ada sebagian siswa yang belum bisa membaca al-Qur‟an dengan baik dan benar. Terlebih lagi di daerah mereka tinggal dulunya ada lembaga TPA, namun karena keterbatasan pengajar sehingga mengakibatkan TPA tersebut tidak berfungsi lagi. Maka dari itu di SD N Purwosuman 1 Sidoharjo mengadakan kegiatan BTA yang bertujuan untuk membantu siswa-siswa dalam membaca dan menulis al-Qur‟an dengan baik dan benar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mrngrtahui Pelaksanaan Pembelajaran Membaca dan Menulis Al-Qur‟an pada siswa IV di SD N Purwosuman 1 Sidoharjo Sragen Tahun Pelajaran 2017-2018. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Tempat penelitian dilaksanakan di SD N Purwosuman 1 Sidoharjo Sragen, pada bulan Meret - Mei 2018. Subyek penelitian adalah Guru PAI di SD N Purwosuman 1, sedangkan informan adalah Kepala sekolah, Wali Kelas, Guru Bantu dan siswa kelas IV di SD N Purwosuman 1. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi metode. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis interaktif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau veritifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kegiatan pembelajaran baca tulis al-Qur‟an yang dilaksanakan setiap hari Sabtu dan sudah terbagi menjadi 2 jadwal yakni untuk Minggu I dan III untuk kelas I – III dan Minggu II dan IV untuk kelas IV – VI. Kegiatan pembelajaran BTA yakni meliputi persiapan pembelajaran, kegiatan inti dan penutup. Kegiaran BTA di SD N Purwosuman 1 ini berlangsung dapat dilakukan dengan cara, seperti: 1) Menambah jam untuk kegiatan BTA, 2) menggunakan metode Iqra’, Drill dan Setoran Bacaan, 3) Bekerjasama dengan perpustakaan sekolah, 4) Memberikan Tugas Rumah (PR) disetiap pertemuan, 5) memberikan Reward (hadiah).

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 20 Feb 2019 01:46
Last Modified: 20 Feb 2019 01:46
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/3082

Actions (login required)

View Item View Item