PENERAPAN ENAM PILAR PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MATA PELAJARAN PAI PADA SISWA DI SDIT BINA INSAN THOYIBAH SURAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018

MUSTOFA, MUHAMMAD and Dra. Hj., Noor Alwiyah, M.Pd (2018) PENERAPAN ENAM PILAR PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MATA PELAJARAN PAI PADA SISWA DI SDIT BINA INSAN THOYIBAH SURAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
Muhammad Mustofa.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Muhammad Mustofa, 2018. Penerapan Enam Pilar Pendidikan Karakater Dalam Mata Pelajaran PAI Pada Siswa Di SDIT Bina Insan Thoyibah Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018, Skripsi: Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta. Pembimbing : Dra. Hj. Noor Alwiyah, M.Pd. Kata Kunci : Pendidikan Karakter, PAI Dalam K-13 pendidikan karakter itu sangat penting, yang mana dahulu muncul karakter dalam KTSP, namun ketika diganti dengan K-13 muncul dalam KI 1 dan KI 2. Maka belum banyak guru yang mampu menerapkannya, oleh karena itu di SDIT Bina Insan Thoyibah Surakarta tetap memperhatikan penanaman enam pilar pendidikan karakter Dalam Mata Pelajaran PAI. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan enam pilar pendidikan karakter dalam mata pelajaran PAI pada siswa di SDIT Bina Insan Toyyibah Surakarta Tahun 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitan ini dilaksanakan bulan Desember-Mei 2018 di SDIT Bina Insan Thoyibah Surakarta. Subjek dalam penelitian ini adalah Guru PAI dan Siswa kelas II A dan B. Sedangkan informannya adalah Kepala Sekolah, Guru kelas, Wali kelas, Pengurus Yayasan SDIT Bina Insan Thoyibah Surakarta. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menguji keabsahan data digunakan teknik triangulasi metode dan sumber. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan analisis interaktif model dengan langkah- langkah: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan enam pilar pendidikan karakter terlaksana melalui kegiatan didalam pembelajaran. 1) Adapun karakter kerukunan wujud kegiatannya adalah aturan tempat duduk diacak disetiap awal pembelajaran, 2) karakter kekompakan wujud kegiatannya adalah membaca doa asmaulhusna dan membaca surat-surat pendek secara bersama-sama, 3) karakter kerjasama wujud kegiatannya adalah dengan adanya diskusi di saat pembelajaran, 4) karakter kejujuran wujud kegiatannya adalah guru disaat awal pembelajaran selalu menanyakan kepada siswa tentang kegiatan-kegiatan yang wajib mereka lakukan, 5) karakter amanah wujud kegiatannya adalah buku kontrol sholat, siswa yang belum mampu membaca Alquran disimak dan dibantu oleh siswa yang sudah mampu membaca Al Quran dan 6) karakter sederhana wujud kegiatannya adalah guru mengingatkan agar lebih hemat terhadap barang milik pribadinya . Dan wujud penanaman enam pilar pendidikan karakter juga melalui kegiatan diluar pembelajaran. 1) Adapun karakter kerukunan wujud kegiatannya adalah siswa baris sebelum pembelajaran, 2) karakter kekompakan wujud kegiatannya adalah sholat dhuha bersama dan sholat dhuhur berjamaah, 3) karakter kejujuran wujud kegiatannya adalah dengan adanya kantin kejujuran, 4) karakter amanah wujud kegiatannya adalah tahfidzul quran, 5) karakter kerjasama wujud kegiatannya adalah infaq rutin setiap hari jum’at dan 6) karakter sederhana wujud kegiatannya adalah anjuran membawa uang saku maksimal Rp. 2000.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 20 Feb 2019 01:46
Last Modified: 20 Feb 2019 01:46
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/3080

Actions (login required)

View Item View Item