PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QUR’ANPADA SISWA SDIT TARUNA TELADAN DELANGGU KLATENTAHUN AJARAN 2016/2017

TUASICAL, MUHAMMAD IQBAL and Dra. Hj., Noor Alwiyah, M.Pd (2018) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QUR’ANPADA SISWA SDIT TARUNA TELADAN DELANGGU KLATENTAHUN AJARAN 2016/2017. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
M. IQBAL TUASICAL.pdf

Download (502kB) | Preview

Abstract

Muhammad Iqbal Tuasical (11.31.1.1.239), Problematika Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an Pada Siswa SDIT Taruna Teladan Delanggu Klaten Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi : Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Surakarta, 2018.Pembimbing : Dra. Hj. Noor Alwiyah, M. Pd.Kata Kunci : Problematika Pembelajaran, Tahfidz Al-Qur’an. Kewajiban umat Islam adalah mempelajari Al-Qur’an baik dengan cara membacanya, menafsirkannya, maupun menghafalnya. Allah Swt telah menjanjikan bagi para penghafal Al-Qur’an berupa pahala, dinaikkan derajatnya, dan diberi kemenangan di dunia dan akhirat. Oleh karena itu, banyak lembaga-lembaga pendidikan yang membuat program tahfidz Al-Qur’an, namun dalam pelaksanaannya banyak menemui problema. Tujuan dari penelitian ini adalahuntuk mengetahui problematika dan mengetahui upaya untuk mengatasi problematika pembelajaran tahfidz Al-Qur’an pada siswa SDIT Taruna Teladan Delanggu Klaten tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Dilaksanakan di SDIT Taruna Teladan Delanggu Klaten mulai bulan September 2017 sampai dengan bulan April 2018. Subyek dalam penelitian ini adalah guru tahfidz, sedangkan informan dalam penelitian ini adalah siswa kelas 2B, wali kelas, dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data dengan triangulasi sumber dan metode. Teknik analisis data yang digunakan teknik analisis interaktif yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:1. Problematika pembelajaran tahfidz Al-Qur’an pada siswa SDIT Taruna Teladan Delanggu Klaten Tahun Ajaran 2016/2017adalah; a. waktu yang sangat kurang, b. masih ada anak yang bacaan Al-Qur’annya kurang baik, c. titik kejenuhan, d. kurangnya partisipasi orang tua dalam menyimak hafalan putra-putrinya ketika di rumah. 2. Upaya untuk mengatasi problematika pembelajaran tahfidz Al-Qur’an pada siswa SDIT Taruna Teladan Delanggu Klaten Tahun Ajaran 2016/2017 adalah; a. porsi hafalan disesuaikan dengan waktu yang ada, yang pada awalnya menambah tujuh ayat menjadi lima ayat, b. menyimak bacaan siswa pada jam pelajaran Al-Qur’an, pada jam Al-Qur’an tersebut, digunakan wali kelas untuk menyimak dan membenarkan bacaan siswa yang masih iqra’ ataupun yang sudah Al-Qur’an, c.memberikan sedikit relaksasi atau memberi permainan yang tidak banyak menguras tenaga, d. memberitahukan kepada orang tua siswa untuk mengkondisikan hafalan putra-putrinya ketika di rumah dengan menyimak hafalan yang telah dihafal supaya tidak lupa.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 20 Feb 2019 01:46
Last Modified: 20 Feb 2019 01:46
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/3074

Actions (login required)

View Item View Item