PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP AKHLAK SISWA KELAS VIII DI MTsN SURAKARTA II TAHUN AJARAN 2017/2018

Ningsih, Lisnawati Prima and Suyatman,, S.Pd, M.Pd (2018) PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP AKHLAK SISWA KELAS VIII DI MTsN SURAKARTA II TAHUN AJARAN 2017/2018. skripsi thesis, IAIN SURAKARTA.

[img]
Preview
Text
LISNAWATI PRIMA NINGSIH.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Lisnawati Prima Ningsih. 2018.Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Akhlak Siswa Kelas VIII Di MTsN Surakarta II Tahun Ajaran 2017/2018. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta. Pembimbing : Suyatman, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : Lingkungan Sekolah, Akhlak Siswa Masalah dalam penelitin ini adalahminimnya kesadaran siswa terhadap lingkungan sekolah baik luar maupun dalam di MTsN Surakarta II. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui lingkungan sekolah di MTsN Surakarta II, 2) mengetahui akhlak siswa kelas VIII, 3) mengetahui pengaruh lingkungan sekolah terhadap akhlak siswa kelas VIII di MTsN Surakarta II tahun ajaran 2017/2018, 4) mengetahui seberapa besar sumbangan lingkungan sekolah terhadap akhlak siswa kelas VIII di MTsN Surakarta II tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di MTsN Surakarta II sebanyak 290 siswa. Sampel penelitian sebanyak 158 siswa. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah teknik Proporsional Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Uji coba instrumen aliditas menggunakan teknik validitas konstruk. Sedangkan reliabilitas menggunakan teknik reliabilitas koefisen alpha. Pengujian hipotesis menggunakan korelasi pearson product momentdan derterminasi, sebelum dilakukan uji analisis maka dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dengan cara Chi Kuadrat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Lingkungan sekolah di MTsN Surakarta II sangat luas. Lingkungan madrasah tersebut terletak di perkotaan, yang berdekatan juga dengan salah satu sekolah negeri di Surakarta. Terdapat lebih dari 600 siswa di sekolah tersebut serta staff-staff yang bertanggung jawab. Sekolah tersebut sangat disiplin serta guru BK yang berperan aktif dalam menerapkan tata tertib terhadap siswa. Kemudian WAKA kurikulum berserta tenaga pengajar yang memberikan waktu serta metode belajar yang sangat membantu siswa dalam proses belajar. Fasilitas di MTsN Surakarta II juga sangat bagus, sehingga siswa dapat memanfaatkannnya dengan sebaik mungkin. 2) Akhlak siswa di MTsN Surakarta II sudah cukup baik berdasarkan hasil penelitian dan wawancara terhadap guru akidah akhlak. Setiap tingkah laku maupun perbuatan yang ada di sekolah tersebut selalu dipantau oleh pihak-pihak sekolah. Adanya tata tertib dan guru BK yang selalu berperan penting dalam kedisiplinan siswa sehigga terbentuknya akhlak siswa sesuai visi misi di sekolah tersebut. 3) Terdapat pengaruh signifikasi lingkungan sekolah terhadap akhlak siswa kelas VIII di MTsN Surakarta II tahun ajaran 2017/2018. Hal ini ditunjukkan dengan hasil uji hipotesis rhitung> rtabel, dengan hasil 0,799 > 0,312. 4) Besarnya angka koefisien determinasi (R Square) 0,639 sama dengan 63,9%. Angka tersebut mengandung arti bahwa besar sumbangan lingkungan sekolah terhadap akhlak siswa kelas VIII di MTsN Surakarta II tahun ajaran 2017/2018 sebesar 63,9%.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 20 Feb 2019 01:46
Last Modified: 20 Feb 2019 01:46
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/3071

Actions (login required)

View Item View Item