PERBEDAAN MINAT MEMBACA AL QURAN SANTRI SEBELUM DAN SESUDAH DIBERIKAN MODEL QUANTUM TEACHING DI TPQ SE-KELURAHAN DAWUNGAN MASARAN SRAGEN TAHUN 2018

Fitriana, Hanifah and Ari, Wibowo,S,Si, M.Pd, M.Si (2018) PERBEDAAN MINAT MEMBACA AL QURAN SANTRI SEBELUM DAN SESUDAH DIBERIKAN MODEL QUANTUM TEACHING DI TPQ SE-KELURAHAN DAWUNGAN MASARAN SRAGEN TAHUN 2018. skripsi thesis, IAIN SURAKARTA.

[img]
Preview
Text
HANIFAH FITRIANI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Hanifah Fitriana. Mei 2018, “Perbedaan Minat Membaca Al-Qur’an Santri Sebelum dan Sesudah diberikan Model Quantum Teaching di TPQ Se-kelurahan Dawungan Masaran Sragen Tahun 2018”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. IAIN Surakarta. Kata Kunci : Minat membaca Al Quran. Pembimbing : Ari Wibowo, M. Si., M. Pd. Penelitian ini di latar belakangi oleh minat membaca santri yang rendah di TPQ serta pengguaan model pembelajaran dalam pelaksaan kegiatan belajar mengajar ustadz dan ustadzah disana kurang bisa menarik minat membaca Al Quran santri. Adapun tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan minat membaca Al Quran santri sebelum diberi model Quantum Teaching. 2) mendeskripsikan minat membaca Al Quran santri sesudah diberi model Quantum Teaching. 3) untuk mengetahui perbedaan minat membaca Al Quran santri sebelum dan sesudah diberikan Model Quantum Teaching di TPQ se-kelurahan Dawungan Kecamatan Masaran Kabupaten Sragen Tahun 2018. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif komparasi yang dilakukan di TPQ se-kelurahan Dawungan kecamatan Masaran Kabupaten Sragen pada bulan Juli 2017 s/d Mei 2018. Populasi dalam penelitian ini adalah santri se-kelurahan Dawungan kecamatan Masaran Kabupaten Sragen dan sampelnya berjumlah jumlah 60 santri. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Cluster Random Sampling metode pengumpulan data berupa angket. Uji coba intrumen minat membaca Al Quran menghasilakn 35 butir valid dan 13 butir tidak valid. Uji levene statistik dengan nilai-P = 0,723 dengan taraf kesalahan 5%. Karena nilai-P > 0,05 maka data tersebut dapat disimpulkan berasal dari populasi yang homogen. Uji Hipotesis yang digunakan Uji t berpasangan diperoleh nilai t = 18,433 dengan nilai-P = 0,000 < 0,05, Maka H0 ditolak artinya terdapat perbedaan minat membaca Al Quran santri sebelum dan sesudah diberikan model Quantum Teaching di TPQ se-kelurahan Dawungan Kecamatan Masaran Kabupaten Sragen tahun 2018. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) Berdasarkan analisis unit yang diperoleh menunjukan bahwa hasil minat membaca Al Quran santri sebelum diberikan model Quantum Teaching berada dalam katagori sedang, dengan persentase 59% pada interval 77,59‒106,61 sebanyak 35 santri. 2) Adapun hasil analisis unit yang diperoleh menunjukan bahwa hasil minat membaca Al Quran santri sesudah diberikan model Quantum Teaching berada dalam katagori sedang, dengan persentase 55% pada interval 87,78‒116,26 sebanyak 33 santri. 3) Adapun hasil uji t berpasangan pada penelitian ini diperoleh nilai t = 18,433 dan nilai-P (2 tailed) atau p value dengan (α)=0,05 adalah 0,000. Karena 0,000 < 0,05, berarti h0 ditolak dan ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan minat membaca Al Quran sebelum diberikan model Quantum Teaching dengan rata-rata sebesar 91,97 dengan nilai terendah 67 dan nilai tertimggi 114. Pada minat membaca Al Quaran sesudah diberikan model Quantum Teaching diperoleh dengan rata-rata 102,02 dengan nilai terendah 78 dan nilai tertinggi 125.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 20 Feb 2019 01:45
Last Modified: 20 Feb 2019 01:45
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/3065

Actions (login required)

View Item View Item