INTERNALISASI NILAI-NILAI ISLAM MELALUI KEGIATAN PRAMUKA DI MTsN NGEMPLAK BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2017/2018

RAHMAWATI, EKA and Hj., Siti Choiriyah, S.Ag., M.Ag (2018) INTERNALISASI NILAI-NILAI ISLAM MELALUI KEGIATAN PRAMUKA DI MTsN NGEMPLAK BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2017/2018. skripsi thesis, IAIN SURAKARTA.

[img]
Preview
Text
EKA RAHMAWATI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Eka Rahmawati, (143111179). Internalisasi Nilai-Nilai Islam melalui Kegiatan Pramuka Siswa Kelas VII diMtsN Ngemplak Boyolali Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi: Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta, Mei 2018. Kata Kunci: Inernalisasi Nilai-Nilai Islam, kegiatan Pramuka MTs N Ngemplak Boyolali merupakan salah satu lembaga pendidikan formal yang menyelenggarakan kegitan Internalisasi nilai-nilai Islam dalam kegiatan pramuka, dimana masih ada beberapa permasalahan diantaranya: kurang optimalnya guru dalam penanaman nilai-nilai Islam untuk peserta didik, masih banyaknya siswa yang menyepelekan peraturan sekolah, nilai-nilai Islam telah ada dalam kegiatan pramuka, namun perilaku siswa belum mencerminkan sesuai nilai Islam, masih didapatkan kepribadian yang kurang baik siswa dalam kegiatan pramuka.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan Internalisasi Nilai-Nilai Islam melalui Kegiatan Pramuka Siswa Kelas VII di MTsN Ngemplak Boyolali. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, dilaksanakan di MTsN Ngemplak Boyolali bulan Desember 2017-April 2018. Subyek penelitian ini adalah Pembina Pramuka MTsN Ngemplak, sedangkan informannya yaitu kepala sekolah, DPM (Dewan Penggalang Madrasah), wakil pembina pramuka dan anggota pramuka di MTsN Ngemplak Boyolali. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk mengetahui keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Data dianalisis menggunakan model interaktif dengan langkah-langkah, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa internalisasi nilai-nilai Islam dalam kegiatan pramuka diMTsN Ngemplak Boyolali merupakan salah satu upaya pemasukan nilai-nilai Islam diluar KBM. Upaya tersebut meliputi pertama, tahapan dari internalisasi nilai Islam dalam kegiatan pramuka meliputi tiga tahapan, yaitu: Tahap Transformasi Nilai, Dimana pembina menjelaskan apa-apa yang akan dilaksanakan terkait dengan kegiatan dalam pramuka. Tahap Transaksi Nilai, ada tahap ini pembina tidak hanya menyampaikan materi saja melainkan memberikan contoh yang bisa diterima oleh para siswa. Tahap Transinternalisasi, ada tahap ini pembina meminta para siswa mempraktekkan langsung apa yang telah diterima dari pembina, berupa materi awal maupun contoh yang telah diberikannya. Kedua, bentuk kegiatan internalisasi nilai-nilai Islam dalam kegiatan pramuka yaitu dengan kegiatan harian maupun kegiatan tahunan, dimana ada apel pembukaan dan penutupan, sholat berjamaah, ceramah, mengaji bersama, materi-materi keislaman, tadabur alam, lomba-lomba. Ketiga, nilai-nilai yang terkandung dalam kegiatan pramuka yaitu sesuai dengan dasadarma dan tri satya serta nilai-nilai akidah, syariah dan akhlak.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 20 Feb 2019 01:45
Last Modified: 20 Feb 2019 01:45
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/3060

Actions (login required)

View Item View Item