HUBUNGAN ANTARA MINAT BELAJAR DENGAN KEMAMPUAN MEMBACA AL QURAN PADA MAHASISWA SEMESTER 6 KONSENTRASI QURAN HADITS JURUSAN PAI FITK IAIN SURAKARTA TAHUN AKADEMIK 2017/2018

Masitoh, Dewi and Drs., Suluri, M. Pd (2018) HUBUNGAN ANTARA MINAT BELAJAR DENGAN KEMAMPUAN MEMBACA AL QURAN PADA MAHASISWA SEMESTER 6 KONSENTRASI QURAN HADITS JURUSAN PAI FITK IAIN SURAKARTA TAHUN AKADEMIK 2017/2018. skripsi thesis, IAIN SURAKARTA.

[img]
Preview
Text
DEWI MASITOH.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Dewi Masitoh. (143.111.167), 2018, Hubungan Antara Minat Belajar dengan Kemampuan Membaca Al-Quran Mahasiswa Semester 6 Konsentrasi Quran Hadits Jurusan PAI FITK IAIN Surakarta Tahun Akademik 2017/2018. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta. Pembimbing : Drs. Suluri, M.Pd, Kata Kunci : Minat Belajar, Kemampuan Membaca Al-Quran Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan tentang kemampuan membaca Al-Quran. Kalangan masyarakat ataupun mahasiswa yang beragama Islam ini masih banyak yang belum bisa membaca Al-Quran. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca Al-Quran salah satunya adalah minat belajar. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui minat belajar Al-Quran pada mahasiswa semester 6 konsentrasi Quran hadits Jurusan PAI FITK IAIN Surakarta tahun akademik 2017/2018, 2) Untuk mengetahui kemampuan membaca Al-Quran pada mahasiswa semester 6 konsentrasi Quran hadits Jurusan PAI FITK IAIN Surakarta tahun akademik 2017/2018, 3) untuk mengetahui hubungan antara minat belajar Al-Quran dan kemampuan membaca Al-Quran pada mahasiswa semester 6 konsentrasi Quran hadits Jurusan PAI FITK IAIN Surakarta tahun akademik 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif korelasional. Penelitian ini dilaksanakan di IAIN Surakarta mulai dari bulan Desember 2017 sampai dengan Mei 2018. Populasi meliputi seluruh mahasiswa PAI semester 6 konsentrasi Quran Hadits yang berjumlah 44, dan seluruhnya menjadi sampel penelitian. Sampel berjumlah 44 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa angket untuk mengukur variabel minat belajar dan dokumen untuk nilai tes lisan kemampuan membaca Al-Quran. Uji coba Instrumen minat belajar menghasilkan 27 valid dari 30 instrumen. Uji reliabilitas instrumen sikap toleransi menggunakan rumus Alfa cronbach diperoleh rhitung 0,933. Data yang terkumpul dianalisis dengan rumus Korelasi Spearman Rank. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) minat belajar Al-Quran mahasiswa dalam kategori sedang. Hal ini terbukti bahwa terdapat 8 mahasiswa atau 18,8% dalam kategori tinggi, 30 mahasiswa atau 68,18% dalam kategori sedang, dan 6 mahasiswa atau 13,64% dalam kategori rendah. Rata-rata yang diperoleh adalah 107,5, median 117,5 modus, 115,5 dan standar deviasi 12,72. 2) Kemampuan membaca Al-Quran sebagian besar dalam kategori sedang . hal ini ditunjukkan dengan terdapat 8 mahasiswa atau 18,8% dalam kategori tinggi, 25 mahasiswa atau 56,82% dalam kategori sedang, dan 11 mahasiswa atau 25,00% dalam kategori rendah. Rata-rata yang diperoleh adalah 3,38, median 2,99, modus 2,94 dan standar deviasi 2,28. 3) berdasarkan analisis data menggunakan korelasi Spearman Rank diperoleh thitung (2,121), ttabel pada taraf signifikansi 5% dengan N=44 adalah sebesar 2,015. Sehingga dapat disimpulkan thitung > ttabel Terdapat hubungan yang signifikan antara minat belajar Al-Quran dan kemampuan membaca Al-Quran pada mahasiswa semester 6 konsentrasi Quran hadits Jurusan PAI FITK IAIN Surakarta tahun akademik 2017/2018.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 20 Feb 2019 01:45
Last Modified: 20 Feb 2019 01:45
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/3056

Actions (login required)

View Item View Item