PELAKSANAAN METODE AN-NAHDLIYAH DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN DI TPQ SD NEGERI II KEC. SELO KAB.BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2017 / 2018

YULIANTO, ARVANI and Dra. Hj., Noor Alwiyah, M.Pd (2018) PELAKSANAAN METODE AN-NAHDLIYAH DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN DI TPQ SD NEGERI II KEC. SELO KAB.BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2017 / 2018. skripsi thesis, IAIN SURAKARTA.

[img]
Preview
Text
ARVANI YULIANTO.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Arvani Yulianto, 2017, Pelaksanaan Metode An-Nahdliyah dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an di TPQ SD Negeri II Kec. Selo Kab. Boyolali Tahun Pelajaran 2017 / 2018, Skripsi: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta. Pembimbing : Dra. Hj. Noor Alwiyah, M.Pd. Kata Kunci : Pembelajaran Membaca Al-Qur’an, Metode An-Nahdliyah Membaca Al-Qur’an tidak boleh asal-asalan, harus sesuai dengan kaidah ilmu tajwid. Selain itu, membaca Al-Qur’an harus membutuhkan guru dan metode yang tepat. Salah satu yang digunakan untuk belajar membaca Al-Qur’an adalah metode An-Nahdliyah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan metode An-Nahdliyah dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an di TPQ SD Negeri II Kec. Selo Kab. Boyolali tahun pelajaran 2017 / 2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dilaksanakan di SD Negeri II Kec. Selo Kab. Boyolali mulai bulan April 2017 sampai Januari 2018. Subjek penelitian ini adalah guru PAI dan siswa kelas V. Informan penelitian ini adalah Kepala Sekolah dan Wali Kelas V. Teknik pengumpulan data mengunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan metode. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model analisis interaktif. Analisis data dilaksanakan mulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan metode An-Nahdliyah dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an di TPQ SD Negeri II Kec. Selo Kab. Boyolali tahun pelajaran 2017 / 2018 terdiri dari 3 tahap kegiatan yaitu kegiatan awal dengan salam pembuka, absensi, membaca do’a sebelum belajar, dan muraja’ah pada pertemuan sebelumnya secara bersama-sama. Kegiatan inti dengan penjelasan Ustadz mengenai materi yang sedang dibahas, lalu dibaca diiringi dengan ketukan secara bersama-sama dan individu. Ketika membaca secara individu, santri yang lain diberi tugas untuk menulis agar kondisi tak ramai ketika santri yang lain sedang disimak. Kegiatan penutup dengan mengulangi membaca atas materi yang telah diajarkan, pemberian materi tambahan, membaca do’a setelah belajar dan salam penutup. Kemudian media yang digunakan yaitu black board, kapur, steak, dan dampar. Evaluasi dalam pembelajaran metode An- Nahdliyah menggunakan 3 kegiatan evaluasi yaitu evaluasi harian, kenaikan tingkat, dan semester. Dari hasil evaluasi, maka tiap tahun ajaran baru pihak TPQ memberikan penghargaan baik bersifat materi maupun non materi bagi santri yang paling giat dan berprestasi dalam TPQ. Penghargaan baik materi atau pun non materi tersebut bertujuan untuk memotivasi para santri supaya lebih semangat dalam belajar.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 20 Feb 2019 01:45
Last Modified: 20 Feb 2019 01:45
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/3053

Actions (login required)

View Item View Item