PEMBELAJARAN FIQIH WANITA HAID DAN ISTIKHADHOH MENGGUNAKAN KITAB IANATUN NISA’ DI PONDOK PESANTREN AL-MA’RUF BANDUNGSARI,NGARINGAN, GROBOGAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Sholikhah, Anik Nafiatus and Dr., Ja'far Assegaf, MA (2018) PEMBELAJARAN FIQIH WANITA HAID DAN ISTIKHADHOH MENGGUNAKAN KITAB IANATUN NISA’ DI PONDOK PESANTREN AL-MA’RUF BANDUNGSARI,NGARINGAN, GROBOGAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018. skripsi thesis, IAIN SURAKARTA.

[img]
Preview
Text
ANIK NAFIATUS SHOLIKHAH.pdf

Download (625kB) | Preview

Abstract

Anik Nafiatus Sholikhah, 143111268, Pembelajaran Fiqih Wanita Menggunakan Kitab Ianatun Nisa’ di Pondok Pesantren Al-Ma’ruf Bandungsari Ngaringan, Grobogan Tahun Pelajaran 2017/2018, Skripsi: Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta. Pembimbing : Dr. Ja’far Assagaf, M.A Kata Kunci : Pembelajaran, Fiqih Wanita, Kitab Ianatun Nisa’ Pembelajaran fiqih wanita penting bagi wanita untuk kehidupan sehari- hari. Kemudian pada masa modern ini masih banyak santri, anak-anak dan remaja yang sudah pernah mempelajari mengenai fiqih wanita tentang haid dan istikhadhoh tetapi masih merasa kebingungan dalam mengaplikasikannya dikehidupan sehari-hari. Pembelajaran fiqih wanita dilaksanakan di Pondok Pesantren Al-Ma’ruf, Bandungsari, Ngaringan, Grobogan melalui Kitab Ianatun Nisa’ untuk memberikan pemahaman yang mudah tentang haid dan istikhadhoh pada santri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran fiqih wanita menggunakan kitab Ianatun Nisa’ di Pondok Pesantren Al-Ma’ruf Bandungsari, Ngaringan, Grobogan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Pondok Pesantren Al-Ma’ruf Bandungsari, Ngaringan, Grobogan, penelitian ini dimulai bulan Desember 2017-Juni 2018. Subjek dalam penelitiannya adalah Ustadzah yang mengajar fiqih wanita menggunakan kitab Ianatun Nisa’ yaitu Ustadzah Hj. Nur Amiroh dan informan dalam pembelajaran fiqih wanita ini adalah pengasuh, pengurus dan santri. Sedangkan untuk teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam menguji keabsahan data digunakan teknik triangulasi sumber data, untuk analisis menggunakan teori analisis interaktif dengan lagkah- langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran fiqih wanita menggunakan kitab Ianatun Nisa’ di pondok pesantren Al-Ma’ruf Bandungsari, Ngaringan, Grobogan yaitu pembelajaran dilaksanakan setiap hari pukul 16.00-17.00 WIB, yang di pimpin oleh Ustadzah Hj. Nur Amiroh dan di ikuti santri kelas Iddadiyah 2 yang menggunakan beberapa metode seperti ceramah, tanya jawab dan diskusi. Materi yang disampaikan seputar haid, nifas, istikhadhoh, hukum yang berkaitan dengan haid dan nifas, melahirkan dan iddah, yang menggunakan media semacam kalender untuk menghitung batas suci dan evaluasi yang setiap satu minggu sekali dan satu tahun dua kali yaitu pada pertengahan tahun dan di ahir tahun, dengan pembelajaran ini diharapkan para santri faham betul mengenai ini karena permasalahan ini berkaitan langsung dengan ibadah yang dilakukan pada tiap harinya.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 20 Feb 2019 01:45
Last Modified: 20 Feb 2019 01:45
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/3049

Actions (login required)

View Item View Item