PENGARUH KEIKUTSERTAAN DALAM EKSTRAKURIKULER KEPRAMUKAAN TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL SISWA MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

ANGGRAINI, AGRETA NUR and Ari, Wibowo,S,Si, M.Pd, M.Si (2018) PENGARUH KEIKUTSERTAAN DALAM EKSTRAKURIKULER KEPRAMUKAAN TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL SISWA MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. skripsi thesis, IAIN SURAKARTA.

[img]
Preview
Text
AGRETA NUR ANGGRAINI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Agreta Nur Anggraini, 2018. Pengaruh Keikutsertaan Ekstrakurikuler Kepramukaan terhadap Kecerdasan Emosional Siswa Madrasah Aliyah Negeri 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi: Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta. Pembimbing: Ari Wibowo, M. Si., M. Pd. Kata Kunci : Ekstrakurikuler Kepramukaan, Kecerdasan Emosional Penelitian ini di latarbelakangi oleh rendahnya kecerdasan emosional siswa di MAN 2 Surakarta yang meliputi kurangnya pengendalian diri dan motivasi diri pada siswa. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui kecerdasan emosional siswa Madrasah Aliyah Negeri 2 Surakarta yang ikut serta dalam ektrakurikuler kepramukaan. 2) Untuk mengetahui kecerdasan emosional siswa Madrasah Aliyah Negeri 2 Surakarta yang tidak ikut serta dalam ektrakurikuler kepramukaan. 3) Untuk mengetahui apakah kecerdasan emosional siswa Madrasah Aliyah Negeri 2 Surakarta yang ikut serta dalam ekstrakurikuler kepramukaan lebih tinggi jika dibandingkan yang tidak ikut serta dalam ektrakurikuler kepramukaan. Metode yang digunakan adalah penelitian kausal komparatif yang dilakukan di MAN 2 Surakarta pada bulan November 2017 s/d Mei 2018. Populasi meliputi seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 315 siswa, dan sampel yang diambil sebanyak 176 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportionate stratified random sampling. Metode pengumpulan data variabel kecerdasan emosional berupa angket. Uji coba instrumen kecerdasan emosional menghasilkan 32 butir valid dan 8 butir tidak valid. Hasil reliabilitas rhitung(0,942) > rtabel (0,235), sehingga data dinyatakan reliabel. Uji normalitas kecerdasan emosional siswa yang ikut serta dalam ekstrakurikuler kepramukaan memperoleh signifikansi 0,623 dan kecerdasan emosional siswa yang tidak ikut serta dalam ekstrakurikuler kepramukaan dengan signifikansi 0,200 dengan taraf kesalahan 5%. Karena nilai p > 0,05 maka disimpulan bahwa data tersebut berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas menghasilkan nilai p (sig) sebesar 0,986, karena 0,986 > 0,05 maka disimpulkan bahwa data dari sampel tersebut berasal dari populasi yang homogen. Hasil penelitian: 1) Kecerdasan emosional siswa yang ikut serta dalam ekstrakurikuler kepramukaan yang berada dalam kategori rendah sebanyak 4 siswa atau 14%, dalam kategori sedang sebanyak 19 siswa atau 68%, sedangkan dalam kategori tinggi sebanyak 5 siswa atau 18%. 2) Kecerdasan emosional siswa yang tidak ikut serta dalam ekstrakurikuler kepramukaan yang berada dalam kategori rendah sebanyak 19 siswa atau 13%, dalam kategori sedang sebanyak 105 siswa atau 71%, sedangkan dalam kategori tinggi sebanyak 24 siswa atau 16%. 3) Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan uji t‒test sampel independen diperoleh nilai Sig. (2 tailed) atau nilai p dengan (α)=0,05 adalah 0,000. Karena 0,000 < 0,05, berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa kecerdasan emosional siswa Madrasah Aliyah Negeri 2 Surakarta yang ikut serta dalam ekstrakurikuler kepramukaan lebih tinggi jika dibandingkan yang tidak ikut serta dalam ektrakurikuler kepramukaan.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 20 Feb 2019 01:44
Last Modified: 20 Feb 2019 01:44
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/3044

Actions (login required)

View Item View Item