PENGARUH KARAKTERISTIK LINGKUNGAN TOKO, RESPON EMOSIONAL POSITIF KONSUMEN DIMODERASI OLEH KARAKTERISTIK SITUASIONAL TERHADAP IMPULSE BUYING BEHAVIOR STUDI PADA PELANGGAN ALFAMART DI SURAKARTA

PRASNIKE, CHARLINA and Septi, Kurnia Prastiwi, S.E., M.M (2018) PENGARUH KARAKTERISTIK LINGKUNGAN TOKO, RESPON EMOSIONAL POSITIF KONSUMEN DIMODERASI OLEH KARAKTERISTIK SITUASIONAL TERHADAP IMPULSE BUYING BEHAVIOR STUDI PADA PELANGGAN ALFAMART DI SURAKARTA. skripsi thesis, IAIN SURAKARTA.

[img]
Preview
Text
CHARLINA PRASNIKE.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh karakteristik lingkungan toko, respon emosional positif konsumen yang dimoderasi oleh karakteristik situasional terhadap impulse buying behavior. Analisis ini menggunakan variabel independen yaitu karakteristik lingkungan toko dan respon emosional positif konsumen. Variabel dependennya adalah impulse buying behavior. Variabel moderasinya adalah karakteristik situasional yaitu (ketersediaan waktu, ketersediaan uang dan definisi tugas). Sampel penelitian ini adalah pelanggan Alfamart cabang Surakarta. Sampel dilakukan dengan metode convenience sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner disebarkan langsung ke pelanggan Alfamart cabang Surakarta sebanyak 100 kuesioner. Metode statistik menggunakan Analisis Regresi dan Moderated Regression Analysis (MRA). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Ada pengaruh secara signifikan antara karakteristik lingkungan toko terhadap respon emosional positif konsumen, Ada pengaruh secara signifikan antara respon emosional positif konsumen terhadap perilaku pembelian impulsif, Ada pengaruh secara signifikan ketersediaan waktu dan ketersediaan uang memoderasi hubungan antara respon emosional positif konsumen terhadap perilaku pembelian impulsif. Akan tetapi tidak ada pengaruh secara signifikan definisi tugas memoderasi hubungan antara respon emosional positif konsumen terhadap perilaku pembelian impulsif. Kata kunci : karakteristik lingkungan toko, respon emosi positif konsumen, karakteristik situasional, impulse buying

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x6 Sosial dan Budaya Islam > 2x6.3 Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Syariah
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 14 Feb 2019 02:46
Last Modified: 14 Feb 2019 02:46
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/2956

Actions (login required)

View Item View Item