LAYANAN BIMBINGAN PRA-VOKASIONAL UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) DI YAYASAN PEMBINAAN ANAK CACAT (YPAC) SURAKARTA

Nugroho, Angga Fajar and Muhlasin, Nur and Santosa, Budi (2018) LAYANAN BIMBINGAN PRA-VOKASIONAL UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) DI YAYASAN PEMBINAAN ANAK CACAT (YPAC) SURAKARTA. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
Angga Fajar Nugroho.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Angga Fajar Nugroho, Nim: 131221033, Layanan Bimbingan Pra-vokasional Untuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Surakarta. Skripsi: Jurusan Bimbingan Konseling Islam, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta, 14 Februari 2018 Layanan bimbingan pra-vokasional merupakan salah satu wadah yang diberikan khusus untuk membimbing dan mendidikan anak berkebutuhan khusus untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak dan membuat anak lebih semangat dengan diberikan keterampilan untuk hidup mandiri sebelum terjun langsung ke lingkungan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pelaksanaan bimbingan pra-vokasional untuk anak berkebutuhan khusus (ABK) di Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode analisis data deskriptif. Penelitian ini mengambil lokasi di YPAC Suarakarta. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Observasi, Wawancara dan Dokumentasi untuk mengumpulkan data dari pelaksanaan layanan bimbingan pra-vokasional. Subjek penelitian ini adalah Ketua Layanan bimbingan pra-vokasional, 1 pembimbing dan 5 (lima) ABK yang kooperatif. Teknik yang dilakukan dalam menentukan subjek dengan purposive sampling dimana sumber data di anggap faham data yang diperlukan oleh peneliti. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan layanan bimbingan pra-vokasional dilakukan dengan 3 tahap yaitu 1) tahap awal, yaitu pembimbing melakukan assesmen untuk mengetahui bakat dan minat anak. 2) inti bimbingan yaitu proses bimbingan dilakukan melalui pendekatan persuasive yang merupakan pendekatan yang bersifat membujuk secara halus, dengan menggunakan alasan-alasan tertentu yang dilakukan pembimbing melalui bimbingan sebelum melakukan keterampilan. 3) tahap akhir (evaluasi) yang dilakukan untuk mengetahui sejauh mana kemajuan perilaku adaptif ABK dalam proses bimbingan pra-vokasional dengan melalui keterampilan yang diberikan oleh pembimbing. Bimbingan pra-vokasional merupakan wadah yang diberikan khusus untuk ABK sebelum terjun langsung di lingkungan masyarakat dengan diberikan motivasi agar tumbuh rasa percaya diri. Layanan bimbingan pra-vokasional di YPAC lebih dominan dengan kegiatan keterampilan, karena dengan diberikan kegiatan keterampilan anak lebih bisa menggali bakat dan potensi yang dimilikinya. Kata kunci : Bimbingan Pra-vokasional, Anak Berkebutuhan Khusus

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.2 Dakwah Islam
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 14 Jan 2019 01:08
Last Modified: 14 Jan 2019 01:08
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/2894

Actions (login required)

View Item View Item