PELAKSANAAN KONSELING PENERIMAAN DIRI IBU YANG MEMILIKI ANAK TUNA RUNGU DI SEKOLAH DASAR LUAR BIASA (SDLB) AUTISME MITRA ANANDA COLOMADU

mega sutrisna, Hanif and kholilurohman, kholilurohman (2018) PELAKSANAAN KONSELING PENERIMAAN DIRI IBU YANG MEMILIKI ANAK TUNA RUNGU DI SEKOLAH DASAR LUAR BIASA (SDLB) AUTISME MITRA ANANDA COLOMADU. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
FULL TEXT.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Hanif Mega Sutrisna, 141221041, Pelaksanaan Konseling Penerimaan Diri Ibu Yang Memiliki Anak Tuna Rungu Di Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB) Autisme Mitra Ananda Colomadu. Skripsi. Surakarta: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah. Institut Agama Islam Negeri Surakarta. 2018. Seorang ibu memunculkan reaksi sedih ketika mengetahui anaknya memiliki tuna rungu, sehingga membutuhkan konseling untuk belajar menerima anak tuna rungunya tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerimaan diri ibu yang memiliki anak tunarungu di Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB) Autisme Mitra Ananda Colomadu. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang mana menjelaskan dan mendeskripsikan mengenai kondisi yang sebenarnya terjadi dilapangan. Subjek dalam penelitian ini dipilih dengan menggunakan purposive sampling. Subjek dalam penelitian ini adalah pekerja atau guru, konselor, klien atau ibu yang memiliki anak tunarungu. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara. Analisis data dilakukan dengan pemusatan pada sesuatu yang diteliti dilapangan yang kemudian menyusun sekumpulan informasi, diuraikan dalam bentuk narasi, kemudian ditarik kesimpulan. Untuk keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan konseling penerimaan diri ibu yang memiliki anak tuna rungu di Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB) Autisme Mitra Ananda Colomadu yaitu pada pelaksanaan terdapat beberapa tahap yaitu pembukaan, transisi, kegiatan, dan pengakhiran. Dimana konselor menggunakan pendekatam REBT, Logotheraphy dan humanistik. Dengan teknik REBT ibu sadar bahwa anaknya membutuhkan dukungan dari orang tuanya, karena salah satu keberhasilan terapi untuk anak autis adalah dukungan dari orang tuanya, dengan teknik logotherapy ibu mulai sadar akan karunia Tuhan yang diberikan kepadanya, dan dengan teknik humanistik, ibu mulai mampu menerima kondisi anaknya. Kemudian tahap pengakhiran dan evaluasi.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x5 Akhlak dan Tasawuf
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 02 Jan 2019 04:20
Last Modified: 02 Jan 2019 04:20
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/2810

Actions (login required)

View Item View Item