MANAJEMEN PENGELOMPOKAN PESERTA DIDIK DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) NEGERI JETIS SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2017/2018

WAKHANDA, ELLYTA LUFIHASNA and Makruf, Imam (2018) MANAJEMEN PENGELOMPOKAN PESERTA DIDIK DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) NEGERI JETIS SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Masters thesis, IAIN SURAKARTA.

[img]
Preview
Text
ELLYTA L.W.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) manajemen pengelompokan peserta didik dalam meningkatkan mutu pembelajaran, 2) hambatan dalam manajemen pengelompokan peserta didik dalam meningkatkan mutu pembelajaran, 3) solusi dari hambatan dalam manajemen pengelompokan peserta didik dalam meningkatkan mutu pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Negeri Jetis Sukoharjo tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif, yang bertempat di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Negeri Jetis Sukoharjo, dilaksanakan mulai September 2017 sampai Januari 2018. Subyek dari penelitian ini adalah Kepala Madrasah Ibtidaiyah (MI) Negeri Jetis Sukoharjo, sedangkan informan adalah peserta didik, wakil kepala madrasah, guru dan staff tata usaha. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber. Analisis data dengan model interaktif dari Miles dan Huberman yang dimulai dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pengelompokan peserta didik dilakukan berdasarkan pada persamaan jenis kelamin dan kemampuan yaitu pada kelas 1 dan 6, sedangkan pada kelas 3, 4, dan 5 dikelompokan secara rata dan heterogen, 2) hambatan dalam pengelompokan peserta didik yaitu: Ketidaksetujuan orangtua/wali murid terhadap pengelompokan peserta didik berdasarkan kemampuan, adanya kemungkinan guru lebih memperhatikan kelompok dengan kemampuan tinggi daripada kelompok dengan kemampuan rendah, terbatasnya ruang kelas, dan perbedaan peraturan kementerian pendidikan dan kebudayaan dengan kementerian agama mengenai jumlah rombongan belajar. 3) Solusi dalam mengatasi hambatan adalah dengan membangun komunikasi dengan orangtua/wali siswa, pembinaan terhadap guru, pengadaan gedung atau ruang kelas baru, dan mengikuti peraturan yang berlaku dalam penyelenggaraan pendidikan di madrasah. Kata Kunci: manajemen pengelompokan peserta didik

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 02 Jan 2019 04:20
Last Modified: 02 Jan 2019 04:20
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/2798

Actions (login required)

View Item View Item