EVALUASI PENERAPAN SISTEM PENGENDALIAN INTERN PENJUALAN (EKSPOR) PADA PERUSAHAAN CV. PAJANG JAYA SURAKARTA

Bangun, Kristanto and Ade, Setiawan, M.Ak. (2016) EVALUASI PENERAPAN SISTEM PENGENDALIAN INTERN PENJUALAN (EKSPOR) PADA PERUSAHAAN CV. PAJANG JAYA SURAKARTA. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
Bangun Kristanto.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRACT Sale is one of marketing functions that is important and determine to the company in achieve the goal. he goal is acrquiring profit to maintain the viability of the company. sale is one income, it needs good internal control to keep the sale from the bad things might happen. The purpose of this research is analyzing internal control to the sale of CV. Pajang Jaya to know about the sale internal control applied. This research is a kind of field research that takes a research object, namely CV. Pajang. Jaya. The researcher used descriptive qualitative as the method, the form are words spoken or written about human behavior that can be observed. The instrument in collecting the data were interview, observation, documentation, literature and using valid data. This research obtained by using triangulation theory, by comparing the results among observation, interview, and document analysis with existing theories. The results of the research showed that the application of sale internal control in CV. Pajang Jaya is effective that there is separation between the related functions. The researcher also used stop go or sampling method to monitor the sale. Keyword: internal Control, sale. ABSTRAK Penjualan adalah salah satu fungsi pemasaran yang sangat penting dan menentukan bagi perusahaan dalam mencapai tujuan perusahaan yaitu untuk memperoleh laba untuk menjaga kelangsungan hidup perusahaan. Karena penjualan merupakan salah satu pendapatan, maka harus dilakukan pengedalian intern yang baik untuk menjaga penjualan tersebut dari hal-hal buruk yang mungkin terjadi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengendalian intern terhadap penjualan pada CV. Pajang Jaya guna mendapatkan gambaran yang jelas mengenai pengendalian intern penjualan yang diterapkan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan yang mengambil suatu objek penelitian yaitu CV. Pajang Jaya dengan metode penelitian deskriptif kualitatif, berupa kata-kata lisan atau tulisan tentang tingkah laku manusia yang dapat diamati. Metode pengumpulan dengan wawancara, observasi, dokumentasi, studi literatur dan menggunakan validitas data. Penelitian ini di peroleh dengan menggunakan triangulasi teori, yakni dengan cara membandingkan hasil dari pengamatan, wawancara, dan analisis dokumen dengan teori yang ada. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan pengendalian intern penjualan pada CV. Pajang Jaya sudah efektif dimana adanya pemisahan antara fungsi-fungsi yang terkait. Pemantauan terhadap penjualan juga dilakuan menggunakan metode stop go or sampling. Kata kunci: pengendalian intern, penjualan.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Economics
300 Ilmu Sosial > 330 Economics > 334 Cooperatives
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 31 Mar 2017 03:47
Last Modified: 31 Mar 2017 03:47
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/277

Actions (login required)

View Item View Item