PENGELOLAAN KELAS DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN FIQH SISWA KELAS VIII DI MTSN GONDANGREJO KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Rozaki, Irfan and Aminuddin, Aminuddin (2017) PENGELOLAAN KELAS DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN FIQH SISWA KELAS VIII DI MTSN GONDANGREJO KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2017/2018. skripsi thesis, IAIN SURAKARTA.

[img]
Preview
Text
IRFAN ROZAKI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Irfan Rozaki. 2017, Pengelolaan Kelas dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Fiqh Siswa Kelas VIII di MTsN Gondangrejo Karanganyar Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi: Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta. Pembimbing: Drs. Aminuddin, M.S.I Kata Kunci: Pengelolaan Kelas, Efektivitas, Pembelajaran Fiqh. Pada pelaksanakan pembelajaran seringkali terdapat masalah yang berkaitan dengan perilaku peserta didik misalnya seperti siswa yang ribut,bercakap-cakap ketika pelajaran dan reaksi negatif terhadap siswa lain serta siswa merasa kurang nyaman jika fasilitas yang ada dirasa kurang memadai. Untuk itulah guru perlu untuk mengelola kelas agar dapat menciptakan atau mempertahankan kondisi optimal yang memungkinkan terjadinya proses pembelajaran yang kondusif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah pelaksanaan pengelolaan kelas dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran fiqh siswa kelas VIII di MTsN Gondangrejo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Tempat penelitian di MTsN Gondangrejo Karanganyar pada bulan Agustus 2017 sampai bulan November 2017. Subyek penelitian ini adalah guru mata pelajaran fiqh kelas VIII. Sedangkan informan penelitian ini adalah kepala sekolah, waka sarana prasarana dan siswa kelas VIII MTsN Gondangrejo. Teknik pengumpulan data yang dipakai yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk mengetahui keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif dengan langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya pelaksanaan pengelolaan kelas dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran fiqh siswa kelas VIII di MTsN Gondangrejo sudah berjalan dengan baik. Adapun pelaksanaanya adalah adalah dengan (1) Penciptaaan lingkungan kelas yang positif oleh guru yaitu dengan mampu tampil profesional dan mampu mengelola kelas dengan baik dalam menciptakan iklim atau suasana kelas yang baik dan kondusif. (2) Melakukan pengelolaan yang berkaitan dengan siswa, diantaranya adalah dengan membentuk organisasi kelas dan membina kedisiplinan siswa. Untuk langkah preventifnya pihak sekolah membentuk peraturan tata tertib siswa. Sedangkan mengenai langkah korektifnya guru melakukan bimbingan dan pembinaan kepada siswa. (3)Melakukan pengelolaan yang berkaitan dengan sarana atau fasilitas kelas yaitu dengan mengatur ruang kelas, mengatur tempat duduk siswa yang bervariasi dan dirotasi, mengatur alat-alat pelajaran, dan mengatur kebersihan serta keindahan kelas.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 28 Dec 2018 02:48
Last Modified: 28 Dec 2018 02:48
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/2761

Actions (login required)

View Item View Item