Hubungan Minat Membaca AlQuran Dengan Perilaku Keagamaan Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018

Anwar, Fenu and Wibowo, Ari (2017) Hubungan Minat Membaca AlQuran Dengan Perilaku Keagamaan Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018. skripsi thesis, IAIN SURAKARTA.

[img]
Preview
Text
FENU ANWAR.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Fenu Anwar. (133.111.110), Agustus 2017, Hubungan Minat Membaca AlQuran dengan Perilaku Keeagamaan siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta. Pembimbing : Ari Wibowo, S.Si., M.Pd. Kata Kunci : Minat Baca, Minat Membaca AlQuran, Perilaku Keagamaan Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih rendahnya perilaku keagamaan siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Surakarta yang diindikasikan oleh siswa masih sering datang terlambat, tidak masuk tanpa keterangan, sering mengejek teman-temannya, terhadap guru kurang hormat, tidak menghiraukan ketika guru memberikan pelajaran. Tujuan penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan minat membaca alQuran siswa kelas VIII pada SMP Muhammadiyah 2 Surakarta. 2) mendeskripsikan perilaku keagamaan siswa kelas VIII pada SMP Muhammadiyah 2 Surakarta. 3) mengetahui hubungan positif minat membaca alQuran dengan perilaku keagamaan siswa kelas VIII pada SMP Muhammadiyah 2 Surakarta tahun ajaran 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pedekatan korelasional. Penelitian ini dilaksanakan di SMP 2 Surakarta pada bulan Mei – November 2017. Populasi meliputi seluruh siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 2 Surakarta yang berjumlah 129, dengan sampel berjumlah 97 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan stratified random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa dua buah angket untuk mengukur variabel minat membaca alQuran dan perilaku keagamaan. Uji coba Instrumen minat membaca alQuran menghasilkan 35 butir pernyataan yang valid dan perilaku keagamaan menghasilkan 34 butir pernyataan yang valid dari 40 butir. Uji reliabilitas instrumen minat membaca alQuran dan perilaku keagamaan menggunakan rumus Alfa Cronbach diperoleh r0,921 >r tabel 0,361 dan r hittung 0,941 > r 0,361. Data yang terkumpul dianalisis dengan rumus Korelasi Product moment. tabel Hasil perhitungan regresi linier sederhana diperoleh Ŷ = 56,131 + 0,597X. Sehingga setiap penambahan satu satuan nilai minat membaca alQuran maka tafsir nilai perilaku keagamaan diperkirakan sebesar 56,728. Berdasarkan penelitian menunjukkan bahwa: 1) minat membaca alQuran siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Surakarta mayoritas sudah baik namun masih terdapat beberapa kekurangan pada pernyataan seperti keseringan membaca alQuran, fokus terhadap bacaan alQuran, waktu khusus untuk membaca alQuran dan rutinitas untuk membaca alQuran.; 2) Perilaku keagamaan siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Surakarta mayoritas sudah baik, namun masih terdapat beberapa kekurangan pada beberapa pernyataan seperti menunda-nunda sholat, rutinitas membaca alQuran, menunda-nunda melaksanakan perintah orang tua, dan bosan ketiak bapak ibu guru mengajar. ; 3) Hasil korelasi product moment diperoleh nilai r sebesar 0,760 dengan sig.=0,000. Artinya minat membaca alQuran mempunyai hubungan positif yang signifikan dengan perilaku keagamaan, artinya semakin tinggi minat membaca alQuran maka akan semakin baik perilaku keagamaannya. hittung hitung

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 27 Dec 2018 04:02
Last Modified: 27 Dec 2018 04:02
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/2758

Actions (login required)

View Item View Item