PENGARUH MEDIA AUDIO-VISUAL DAN STRATEGI PEMBELAJARAN TERHADAP MINAT BELAJAR MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK PADA SISWA KELAS VIII DI MTS NEGERI 3 BOYOLALI TAHUN AJARAN 2018/2019

Hayati, Dwi Nur and Wibowo, Ari (2018) PENGARUH MEDIA AUDIO-VISUAL DAN STRATEGI PEMBELAJARAN TERHADAP MINAT BELAJAR MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK PADA SISWA KELAS VIII DI MTS NEGERI 3 BOYOLALI TAHUN AJARAN 2018/2019. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
DWI NUR H.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya minat belajar mata pelajaran akidah akhlak kelas VIII MTs Negeri 3 Boyolali tahun ajaran 2018/2019. Tujuan dari penelitian ini antara lain (1) Untuk mengetahui pengaruh media audio-visual terhadap minat belajar mata pelajaran pada siswa kelas VIII Akidah Akhlak di MTs Negeri 3 Boyolali Tahun Ajaran 2017/2018. (2) Untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran terhadap minat belajar mata pelajaran Akidah Akhlak pada siswa kelas VIII di MTs Negeri 3 Boyolali Tahun Ajaran 2017/2018. (3) Untuk mengetahui pengaruh interaksi antara media audio-visual dan strategi pembelajaran terhadap minat belajar mata pelajaran Akidah Akhlak pada siswa kelas VIII di MTs Negeri 3 Boyolali Tahun Ajaran 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment) yang dilakukan di MTs Negeri 3 Boyolali pada bulan juli pekan ke-3 dan ke-4 2018. Populasi meliputi seluruh kelas VIII reguler yang berjumlah 329 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan cluster sampling. Instrumen pengumpulan data berupa angket. Hasil uji reliabel menghasilkan rhitung (0,824) > rtabel (0,304) sehingga angket dinyatakan reliabel. Uji coba instrumen minat belajar akidah akhlak menghasilkan 32 butir valid dan 16 butir tidak valid. Analisis Unit meliputi uji prasyarat dan uji hipotesis. Uji prasyarat menggunakan uji homogenitas Leven’s Test dan uji normalitas Kormogolov Smirnov. Uji hipotesis dengan Anava dua Jalur dengan hasil (1) Terdapat pengaruh media audio-visual berupa film animasi yang lebih efektif terhadap minat belajar mata pelajaran akidah akhlak pada siswa kelas VIII di MTs Negeri 3 Boyolali tahun ajaran 2018/2019. (2) Terdapat pengaruh strategi pembelajaran jenis pembelajaran berbasis masalah yang lebih efektif terhadap minat belajar mata pelajaran akidah akhlak pada siswa kelas VIII di MTs Negeri 3 Boyolali tahun ajaran 2018/2019. (3) Tidak terdapat interaksi, media audio-visual maupun strategi pembelajaran memberikan efek terhadap minat belajar akidah akhlak, namun pengaruh dari media audio-visual dan strategi pembelajaran berbeda berdasarkan jenis yang digunakan terhadap minat belajar akidah akhlak mata pelajaran akidah akhlak pada siswa kelas VIII di MTs Negeri 3 Boyolali Tahun ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 27 Dec 2018 03:58
Last Modified: 27 Dec 2018 03:58
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/2716

Actions (login required)

View Item View Item