ANALISIS WACANA PEMBERITAAN PENDIRIAN PABRIK SEMEN INDONESIA DI SUARAMERDEKA.COM

Siswoko, Siswoko and Sriyanto, Agus (2018) ANALISIS WACANA PEMBERITAAN PENDIRIAN PABRIK SEMEN INDONESIA DI SUARAMERDEKA.COM. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
SISWOKO-1.pdf

Download (967kB) | Preview

Abstract

Konflik pendirian pabrik semen di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah telah menrik perhatian publik.Pro dan kontra masyarakat menyikapi konflik pembangunan pabrik semen di Rembang tersebut tidak lepas dari media massa sebagai penyalur informasi terkini dalam membentuk dan mengkonstruksinya. Berita tentang konflik pembangunan pabrik semen di Rembang ini muncul dibeberapa sudut media cetak maupun elektronik. Isinya kebanyakan tentang kelanjutan konflik pembangunan pabrik semen di Rembang menjadi isu paling banyak yang dimuat di media massa, baik media massa cetak, media massa elektronik maupun media massa online. Oleh karena itu penelitian ini berupaya untuk melihat apa yang ingin ditekankan oleh suaramerdeka.com dalam memberitakan pendirian pabrik semen di Kabupaten Rembang Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif-kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian teks Dalam metodenya, peneliti menggunakan metode penelitian Analisis Wacana Kritis model Norman Fairclough pada dimensi teks, model ini dipilih karena Fairclough memusatkan perhatian wacana pada bahasa, agar lebih fokus melihat bagaimana media suaramerdeka.com dalam memberitakan konflik pendirian pabrik semen di Kabupaten Rembang. Ada tiga isu yang sering ditekankan dalam pemberitaan yaitu aksi yang dilakukan warga, peran Pemerintah Daerah dalam menyikapi konflik tersebut, dan penerbitan SK Gubernur Jawa Tengah. Dari ketiga isu tersebut berita yang di tampilkan oleh media suaramerdeka.com dapat dilihat dari wacana model Norman Fairclough pada dimensi teks pada unsur Representasi yaitu Representasi konflik pendirian pabrik semen indonesia, Representasi tindakan seseorang, dan Representasi keadaan tingkat status. Pada unsur Relasi yaitu Relasi antara wartawan dengan khalayak, Relasi antara wartawan dengan partisipan berita, dan Relasi dibangun antara partisipan berita dengan khalayak. Dan pada unsur Identitas yaitu, Identitas wartawan sendiri sebagai pekerja media,dan identitas khalayak berita yang dibangun oleh wartawan. Dari ketiga kategori tersebut di dapatkan hasil bahwa media suaramerdeka.com relatif proporsional dalam memberitakan pihak pro dan kontra pabrik semen. Kata Kunci: Analisis Wacana, Media Online, Konflik Semen Kendeng, Suaramerdeka.com

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.2 Dakwah Islam
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Dakwah > Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 27 Dec 2018 03:58
Last Modified: 27 Dec 2018 03:58
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/2698

Actions (login required)

View Item View Item