PENGARUH INTENSITAS PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN INTENSITAS PERIKLANAN, DAN MODAL INTELEKTUAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Pada Perusahaan yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) tahun 2011-2015)

Atsany, Imam and Indah, Piliyanti, S.Ag., M.S.I. (2017) PENGARUH INTENSITAS PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN INTENSITAS PERIKLANAN, DAN MODAL INTELEKTUAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Pada Perusahaan yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) tahun 2011-2015). skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
27. Atsany Imam.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRACT The main firm’s goal according to theory of the firm is to maximize value of the firm. Firm can increase owners’ and stockholder’ wealth by increasing the firms’ value. The value of the firm can be influenced by many factors, among them research anddevelopment intensity, advertising intensity, and intellectual capital. The purpose of this study was to obtain empirical evidence of the effect of research and development intensity, advertising intensity, and intelectual capital to firm value of listed at Jakarta Islamic Index (JII) during the period 2011-2015. The population used in this study is all company’s financial statements according to Jakarta Islamic Index Index (JII) during the period 2011-2015. The sampling technique using purposive sampling method and obtained sample 55 of company’s financial statements. The method used is quantitative research method. For the method of data analysis using multiple linear regression analysis. As for data processing using IBM SPSS 20.0. The results showed (1) Research results with a 0.000 significance level to prove that research and development intensity have significant effect on firm value, (2) Research results with a 0.738 significance level to prove that advertising intensity have no effect on firm value, and (3) Research results with a 0.743 significance level to prove that intelectual capital have no effect on firm value. Keywords : research and development intensity, advertising intensity, intelectual capital, firm value. ABSTRAK Tujuan perusahaan yang utama menurut theory of the firm adalah memaksimalkan nilai perusahaan. Perusahaan dapat meningkatkan kemakmuran pemilik atau para pemegang saham melalui peningkatan nilai perusahaan. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi nilai perusahaan, diantaranya intensitas penelitian dan pengembangan, intensitas periklanan, dan modal intelektual. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh bukti-bukti empiris tentang pengaruh intensitas penelitian dan pengembangan, intensitas periklanan, dan modal intelektual terhadap nilai perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) tahun 2011-2015. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh laporan keuangan perusahaan menurut Jakarta Islamic Index (JII) tahun 2011-2015. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh sampel penelitian 55. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Untuk metode analisis data dengan menggunakan Analisis Regresi Linier Berganda. Sedangkan untuk olah data dengan menggunakan program IBM SPSS 20.0. Hasil penelitian menunjukkan (1) Hasil penelitian dengan tingkat signifikansi 0.000 membuktikan bahwa intensitas penelitian dan pengembangan berpengaruh terhadap nilai perusahaan, (2) Hasil penelitian dengan tingkat signifikansi 0.738 membuktikan bahwa intensitas periklanan tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, dan (3) Hasil penelitian dengan tingkat signifikansi 0.743 membuktikan bahwa modal intelektual tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Kata kunci: intensitas penelitian dan pengembangan, intensitas periklanan, modal intelektual, nilai perusahaan.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Economics
300 Ilmu Sosial > 330 Economics > 333 Land economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 31 Mar 2017 03:46
Last Modified: 31 Mar 2017 03:46
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/269

Actions (login required)

View Item View Item