IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER KEMANDIRIAN PADA SISWA KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH TEGALOMBO KALIJAMBE SRAGEN TAHUN 2018

Fatimah, Yuliana Dwi and Mashar, Ali (2018) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER KEMANDIRIAN PADA SISWA KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH TEGALOMBO KALIJAMBE SRAGEN TAHUN 2018. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
YULIANA DWI FATIMAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Yuliana Dwi Fatimah, (143141042), Metode Penanaman Karakter Kemandirian Siswa Kelas IV di MI Muhammadiyah Tegalombo, Skripsi: Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Surakarta, Mei 2018 Pembimbing : Ali Mashar, S.Pd.I., M.Hum Kata Kunci : Karakter Kemandirian. Kemandirian merupakan salah satu akhlak terpuji manusia. Kemandirian siswa dibentuk agar siswa tidak bergantung pada orang lain. Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah masih terdapat siswa yang belum mampu mengambil keputusan dan inisiatif untuk mengatasi masalah yang dihadapi, siswa belum memiliki kepercayaan diri dalam mengerjakan tugasnya secara mandiri serta kurangnya tanggung jawab siswa terhadap apa yang dilakukan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Implementasi Pendidikan Karakter Kemandirian Siswa kelas IV dan untuk mengetahui faktor penghambat dalam penanaman karakter mandiri siswa MIM Tegalombo Kalijambe Sragen. Penelitian ini dilaksanakan di MIM Tegalombo Kalijambe Sragen. Subjek penelitian ini adalah guru kelas IV, sedangkan informannya adalah Kepala Madrasah, Siswa Kelas IV. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu berupa pemaparan tertulis mengenai data-data terkait, baik yang tertulis maupun lisan dari objek penelitian yang ada dilembaga tersebut yang telah diamati, dimana dalam hal ini penulis menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik keabsahan data dengan triangulasi metode dan sumber . Data yang terkumpul kemudian dianalisa dengan proses mencakup empat kegiatan yang bersamaan: (1) pengumpulan data (2) reduksi data, (3) penyajian data, dan (4) penarikan kesimpulan (verifikasi). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode penanaman karakter kemandirian pada siswa kelas IV di MIM Tegalombo Kalijambe Sragen yaitu (1) Melalui Pembiasaan,yaitu dengan mengadakan kegiatan rutin keagamaan yang dilakukan sehari-hari disekolah. Kegiatan ini dimaksudkan untuk selalu melakukan kewajibannya tanpa menunggu perintah dari orang lain.Target kemandirian dalam kegiatan ini adalah kemandirian dalam beribadah kepada Allah, kemandirian dalam membentuk rasa percaya diri siswa, kemandirian dalam menanamkan tanggungjawab siswa, dan kemandirian dalam menanamkan kedisiplinan siswa. (2) Melalui keteladanan,yaitu melalui kegiatan pendamping yang dilakukan guru sebagai tauladan. Adapun faktor penghambat dalam penanaman karakter mandiri siswa adalah latar belakang siswa, kurangnya kesadaran siswa, faktor lingkungan dan pergaulan siswa.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 27 Dec 2018 03:57
Last Modified: 27 Dec 2018 03:57
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/2683

Actions (login required)

View Item View Item