A COMPARATIVE STUDY BETWEEN THE USE OF THINK TALK WRITE STRATEGY AND LECTURING METHOD IN TEACHING WRITING NARRATIVE TEXT AT THE EIGHTH GRADE OF MTSN SURAKARTA 1 IN ACADEMIC YEAR 2017/2018

Utami, Tri and Arini, Yusti (2018) A COMPARATIVE STUDY BETWEEN THE USE OF THINK TALK WRITE STRATEGY AND LECTURING METHOD IN TEACHING WRITING NARRATIVE TEXT AT THE EIGHTH GRADE OF MTSN SURAKARTA 1 IN ACADEMIC YEAR 2017/2018. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
TRI UTAMI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tri Utami. 2018. Studi banding antara penggunaan Strategi Think Talk Write dan Metode Ceramah dalam Pengajaran Menulis Teks Narasi di Kelas Delapan MTsN Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018. Tesis. Program Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Pembimbing : Dr. Yusti Arini, M.Pd Kata Kunci : Studi Banding, Menulis, Narasi, Strategi Think Talk Write, Metode Ceramah Penelitian ini bertujuan untuk menemukan apakah ada perbedaan yang signifikan antara kemampuan menulis siswa yang diajar menggunakan strategy Think Talk Write dan Metode Ceramah dalam menulis teks narasi dikelas delapan MTsN Surakarta 1 tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini dilakukan di MTsN Surakarta 1. Metode penelitian ini adalah dengan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis komparasi. Total populasi dalam penelitian ini adalah 152 siswa dari empat kelas di MTsN Surakarta 1 dalam tahun ajaran 2017/2018. Peneleti memilih dua kelas dari kelas VIII sebagai sampel. Dalam penelitian ini sampel dipilih menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII C sebanyak 38 siswa dan kelas VIII B sebanyak 38 siswa. Kelompok eksperimen 1 merupakan kelas yang diajar menggunakan strategi Think Talk Write, sedangkan kelompok eksperimen 2 merupakan kelas yang diajar menggunakan Metode Ceramah. Data diperoleh melalui tes yang di kirim dalam bentuk pre-test dan post-test. Peneliti menggunakan mean, median, modus, dan standard deviasi untuk menghitung deskripsi data. Selanjutnya untuk menganalisis data peneliti menggunakan uji normalitas dari teori Lilifors, homogenitas dari teori Bartlet, dan t-test untuk menguji hipotesis. Nilai rata-rata post-test dari kelompok eksperimen 1 adalah 76.18 sedangkan nilai rata-rata dari kelompok eksperimen 2 adalah 71.84. dari hasil perhitungan t-test, diperoleh bahwa nilai tobserved adalah 7.8 sedangkan ttabel adalah 1.992. Ini menunjukkan bahwa tobserved lebih tinggi dari ttabel. Dengan kata lain, Alternatif Hipotesis (Ha) diterima dan Nol Hipotesis (Ho) ditolak. Berdasarkan hasil diatas, hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara kemampuan menulis siswa yang diajar menggunakan strategy Think Talk Write dan Metode Ceramah dalam menulis teks narasi dikelas delapan MTsN Surakarta 1 tahun ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 27 Dec 2018 03:57
Last Modified: 27 Dec 2018 03:57
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/2680

Actions (login required)

View Item View Item