IMPLEMENTASI PENGGUNAAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF (APE) KIDS ‘N KIT DALAM MENGEMBANGKAN BAHASA ANAK USIA DINI DI TK AISYIYAH PABELAN KARTASURA SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Nisa, Latifatun and Hadziq, Abdulloh (2018) IMPLEMENTASI PENGGUNAAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF (APE) KIDS ‘N KIT DALAM MENGEMBANGKAN BAHASA ANAK USIA DINI DI TK AISYIYAH PABELAN KARTASURA SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2017/2018. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
LATIFATUN NISA.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Latifatun Nisa, 2018, Implementasi Penggunaan Alat Permainan Edukatif (APE) Kids ‘n Kit Dalam Mengembangkan Bahasa Anak Usia Dini di TK Aisyiyah Pabelan Kartasura Sukoharjo, Skripsi: Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta. Pembimbing : Abdulloh Hadziq, S.Pd.I, M.Pd.I. Kata Kunci: APE Kids ‘n Kit, Perkembangan Bahasa, Anak Usia Dini Masalah dalam penelitian ini berkaitan dengan implementasi penggunaan Alat Permainan Edukatif (APE) dalam mengembangkan bahasa Anak Usia Dini di TK Aisyiyah Pabelan Kartasura Sukoharjo dengan fokus masalah bagaimana implementasi penggunaan Alat Permainan Edukatif Kids ‘n Kit dalam meningkatkan perkembangan bahasa Anak Usia Dini. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi penggunaan Alat Permainan Edukatif Kids ‘n Kit dalam meningkatkan perkembangan bahasa Anak Usia Dini di TK Aisyiyah Pabelan Kartasura Sukoharjo tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dilaksanakan pada implementasi penggunaan Alat Permainan Edukatif Kids ‘n Kit dalam meningkatkan perkembangan bahasa Anak Usia Dini di TK Aisyiyah Pabelan Kartasura Sukoharjo tahun pelajaran 2017/2018 tempat di TK Aisyiyah Pabelan Kartasura Sukoharjo dilaksanakan pada bulan Januari sampai bulan Juni 2018. Subjek penelitiannya adalah guru kelas Kelompok Bermain dan siswa kelas Kelompok Bermain, informannya adalah kepala sekolah, guru pendamping. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk mengetahui keabsahan data menggunakan teknik triangulagi sumber dan metode, sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan langkahlangkah pengumpulan data, reduksi data, kemudian penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa dalam tahap persiapan TK Aisyiyah menyusun Rencana Program Pembelajaran Harian (RPPH) dan persiapan materi dan media yaitu APE Kids ‘n Kit dengan media poster bergambar, kartu proses dan media lain yang mendukung pembelajaran. Pada tahap pelaksanaan pembelajaran sudah baik dan sesuai dengan buku pedoman penggunaan Kids ‘n Kit yaitu mengemas semua materi penunjang pencapaian perkembangan anak ke dalam sebuah Alat Permainan Edukatif yang seru dan menyenangkan untuk kegiatan praktikal dengan menggunakan metode pembiasaan dan tanya jawab. Penilaian yang dilakukan yaitu berupa penilaian harian. Penilaian dilakukan guru kelas dan ditulis di lembar penilaian anak yang didukung oleh hasil pengamatan guru.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 27 Dec 2018 03:57
Last Modified: 27 Dec 2018 03:57
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/2675

Actions (login required)

View Item View Item