IMPLEMENTASI METODE BERCERITA DENGAN MENGGAMBAR BEBAS UNTUK PENGEMBANGAN BAHASA USIA 4-5 TAHUN DI TK FATIMAH PURBAYAN BAKI SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2017/2018

A. Nurul, Isnaini and Ubaidillah, Khasan (2018) IMPLEMENTASI METODE BERCERITA DENGAN MENGGAMBAR BEBAS UNTUK PENGEMBANGAN BAHASA USIA 4-5 TAHUN DI TK FATIMAH PURBAYAN BAKI SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2017/2018. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
ISNAINI NURUL.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Isnaini Nurul Aminah, (143. 131. 006), Implementasi Metode Bercerita Dengan Menggambar Bebas Untuk Pengembangan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun, Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi: Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta Agustus 2018 Pembimbing : Khasan Ubaidillah, M.Pd.I Kata Kunci : Penggunaan Metode Bercerita Dengan Menggambar Bebas, Pengembangan Bahas Bahasa merupakan salah satu aspek perkembangan yang sangat penting untuk anak, karena bahasa merupakan alat komunikasi bagi manusia. Dalam aspek perkembangan bahasa diperlukan metode yang mendukung untuk mengembangkan bahasa tersebut secara maksimal khususnya untuk anak usia dini. Sehingga tujuan penelitian ini untuk mengetahui Implementasi Metode Bererita dengan Menggambar bebas untuk Pengembangan bahasa anak Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Fatimah Purbayan, Baki, Sukoharjo. Penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif, dilaksanakan di TK Fatimah Purbayan, Baki, Sukoharjp pada bulan Desember-Agustus 2018. Subyek dalam penelitian ini adalah guru sentra. Sedangkan informannya adalah kepala sekolah TK Fatimah dan guru kelas A. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk mengetahui keabsahan data digunakan teknik triangulasi sumber dan metode. Kemudian data dianalisis menggunakan analisis model interaksi dengan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian penggunaan metode bercerita dengan menggambar bebas untuk TK Fatimah kelompok A1 di TK Fatimah Purbayan, Baki, Sukoharjo dalam pelaksanaan bercerita melalui 3 tahapan yaitu (1) langkah persiapan guru merencanakan proses pembelajaran dengan menyusun RPPH terlebih dahulu. (2) langkah kedua yaitu pelaksanaan proses kegiatan belajar dengan bercerita dengan menggambar bebas. (3) penilaian yang digunakan di TK Fatimah ini adalah menggunakan model cheklist dengan memberikan tanda (v) pada setiap kolom dari masing-masing anak yang disesuaikan dengan tinglat masing-masing perkembangan anak setelah itu penilaian direkap di dalam rapot anak.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 27 Dec 2018 03:57
Last Modified: 27 Dec 2018 03:57
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/2674

Actions (login required)

View Item View Item