THE USE OF PERSONAL JOURNAL WRITING TO INCREASE STUDENTS’ WRITING SKILL ON RECOUNT TEXT (A CLASSROOM ACTION RESEARCH IN THE SECOND GRADE A STUDENTS OF MTSN ANDONG)

Harjanti, Melinda Zieh and Muttaqien, Muhammad Zainal (2017) THE USE OF PERSONAL JOURNAL WRITING TO INCREASE STUDENTS’ WRITING SKILL ON RECOUNT TEXT (A CLASSROOM ACTION RESEARCH IN THE SECOND GRADE A STUDENTS OF MTSN ANDONG). skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
Melinda Zieh Harjanti.pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

Harjanti, Melinda Zieh. 2017. The Use of Personal Journal Writing to Increase Students’ Writing Skills on Recount Text (A Classroom Action Reserach in the Second Grade A Students of MTs N Andong). Skripsi. Pendidikan Bahasa Inggris, Institut Agama Islam Negeri Surakarta. Pembimbing: Muhamad Zainal Muttaqien, S. S., M. Hum. Kata kunci: Jurnal Tulisan Pribadi, Menulis, Teks Recount Penelitian ini terarah pada pengimplementasian jurnal tulisan pribadi sebagai cara untuk meningkatkan keahlian menulis pada siswa kelas VIII A MTs N Andong di tahun akademik 2016/2017. Penelitian ini merupakan studi penelitian lapangan. Partisipan dari penelitian ini ada 30 siswa kelas VIII A di MTs N Andong, guru Bahasa Inggris dan juga kolaborator. Penelitian ini menggunakan dua tipe data, yaitu kualitatif data dan kuantitatif data. Kualitatif data melalui wawancara dengan guru bahasa inggris dan siswa dan pengamatan selama proses belajar mengajar. Sedangkan, kuantitatif data diambil dari hasil menulis siswa sebelum pengimplementasian aksi (pre-test) dan sesudah pengimplementasian aksi (post-test). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan pada nilai keahlian menulis siswa di lima aspek, yaitu isi, susunan, kosa kata, penggunaan bahasa, dan mekanik penulisan. Pertama, aspek isi nilai yang diperoleh adalah 2,74. Peningkatan juga ditunjukkan di aspek kosa kata. Rata-rata di pre-tet adalah 13, 07 dan di post-test adalah 16,70 meningkat 3,63. Pada aspek penggunaan bahasa meningkat 4, 63. Pada aspek mekanik penulisan 0, 50. Presentasi dari kenaikan mencapa 83%. Jadi, jurnal tulisan pribadi dapat meningkatkan keahlian menulis pada siswa.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 400 Bahasa > 407 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 27 Dec 2018 03:55
Last Modified: 27 Dec 2018 03:55
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/2643

Actions (login required)

View Item View Item