MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF MENGGUNAKAN MEDIA KARTU KATA PADA ANAK DI TK AISIYAH 5 NGRINGO JATEN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Safitri, Anna Nur and Ernawati, Fetty (2018) MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF MENGGUNAKAN MEDIA KARTU KATA PADA ANAK DI TK AISIYAH 5 NGRINGO JATEN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2017/2018. skripsi thesis, IAIN SURAKARTA.

[img]
Preview
Text
ANA NUR SAFITRI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Anna Nur Safitri. NIM 133131029. Mengembangkan Kemampuan Mengenal Huruf Menggunakan Media Kartu Kata Pada Anak Di TK Aisiyah 5 Ngringo Jaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2017/2018, Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta, Dosen Pembimbing : Dr. Fetty Ernawati, S. Psi, M.Pd. Kata Kunci : Kemampuan Mengenal Huruf, Media Kartu Kata Permasalahan dalam penelitian ini adalah dalam prosesnya anak-anak masih ada beberapa anak yang mengalami kesulitan dalam mengenal maupun membaca huruf. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendekripsikan pengembangkan kemampuan mengenalkan huruf menggunakan media kartu kata pada anak usia dini yang berusia 5-6 tahun di TK Aisiyah 5 Ngringo Jaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di TK Aisiyah 5 Ngringo Karanganyar, pada bulan Agustus 2017 sampai Januari 2018. Subyek Penelitian adalah guru kelas B1 di TK Aisiyah 5 Ngringo. Informan Penelitian adalah Kepala Sekolah TK dan guru kelas A di TK Aisiyah 5 Ngringo Jaten Karanganyar. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Data yang sudah terkumpul diperiksa keabsahannya dengan triangulasi sumber dan metode, selanjutnya dianalisis dengan teknik analisis data interaktif yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mengembangkan kemampuan mengenal hruf menggunakan media kartu kata yaitu dalam kegiatan pembukaan pendidik memberikan salam dan menanyakan kabar kepada peserta didik, kemudian masuk pada sub tema yang hari ini dipelajari. Bercakap-cakap tentang sub tema hari ini. Kedua, setelah pendidik melakukan pembukaan maka masuk ke kegiatan inti menjelaskan tentang sub tema yang diberikan. Pendidik bertanya pada anak dan anak merespon. Setelah pendidik menjelaskan tema dan tanya jawab diatas kemudian pendidik menunjukkan kartu kata sebagai media yang digunakan. Pendidik menunjukkan satu per satu huruf di kartu kata yang dibawa oleh pendidik. Pendidik menunjukkan gambar dan kemudian kata dibawah gambar dibaca dengan mengeja hurufnya. Ketiga dan yang terakhir yaitu kegiatan penutup. Dalam kegiatan penutup ini pendidik mengulang kembali apa yang selama satu hari ini dilakukan oleh anak. xvii

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 27 Dec 2018 03:53
Last Modified: 27 Dec 2018 03:53
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/2606

Actions (login required)

View Item View Item