IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL UNTUK PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI RA PERWANIDA GEJUGAN, TANJUNG, KLEGO, BOYOLALI TAHUN AJARAN 2017/2018

mawarti, siti and Junanto, Subar (2018) IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL UNTUK PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI RA PERWANIDA GEJUGAN, TANJUNG, KLEGO, BOYOLALI TAHUN AJARAN 2017/2018. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
SITA MAWARTI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Sita Mawarti, NIM 133131027. Implementasi Media Pembelajaran Visual Untuk Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Di Ra Perwanida Gejugan, Tanjung, Klego, Boyolali Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi: Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta, Januari 2018. Pembimbing : Subar Junanto, S.Pd.,M.Pd. Kata Kunci : Media Pembelajaran Visual, Perkembangan Kognitif AUD Kata Kunci : Media Pembelajaran Visual, Perkembangan Kognitif AUD Permasalahan dalam penelitian ini adalah guru jarang sekali menggunakan media dalam proses pembelajaran di kelas terutama yang berkaitan dengan pembelajaran untuk perkembangan kognitif anak. Hal ini menyebabkan pembelajaran kurang menyenangkan, sehingga sebagian besar anak kurang termotivasi dalam mengembangkan kognitifnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi media pembelajaran visual untuk perkembangan kognitif anak usia dini, untuk mengetahui kendala yang dihadapi dalam implementasi media pembelajaran visual untuk perkembangan kognitif anak usia dini, dan untuk mengetahui solusi yang dilakukan dalam mengatasi implementasi media pembelajaran visual untuk perkembangan kognitif anak usia dini Di Ra Perwanida Gejugan, Tanjung, Klego, Boyolali Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif, sehingga permasalahannya dibahas melalui studi lapangan yang dilakukan di RA Perwanida Gejugan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober samapai bulan November 2017. Subjek penelitian adalah siswa kelas kelompok B usia (5-6 tahun) di RA Perwanida Gejugan. Informan penelitian adalah kepala sekolah dan guru pendamping di RA Perwanida Gejugan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam implementasi media pembelajaran visual untuk perkembangan kognitif anak usia dini dilaksanakan melalui tiga tahapan, yaitu perencanaan pembelajaran, pelaksaan pembelajaran dan evaluasi. Dengan menggunakan media pembelajaran visual bergambar yang disesuaikan pada tema yang akan diajarkan. Namun demikian dalam pelaksanaanya masih ada kendala yang dihadapi yaitu dengan menggunakan media gambar terlihat terlampau kecil untuk ditunjukkan dikelas yang besar, terbatasnya dana pembuatan kegiatan untuk anak, kurangnya kreatifitas guru dalam memunculkan ide-ide dalam penggunaan media bergambar, Sehingga dengan demikian perlu adanya kreatifitas guru dalam pembuatan media dan penggunaan media, serta meminimalisir penggunaan media gambar.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 26 Dec 2018 01:12
Last Modified: 26 Dec 2018 01:12
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/2539

Actions (login required)

View Item View Item