PELAKSANAAN SISTEM FULL DAY SCHOOL DALAM PENDIDIKAN KARAKTER SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH 1 KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2018/2019

MUTHIAH, MUTHIAH (2018) PELAKSANAAN SISTEM FULL DAY SCHOOL DALAM PENDIDIKAN KARAKTER SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH 1 KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2018/2019. skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Surakarta.

[img]
Preview
Text
MUTHIAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Melihat perkembangan zaman begitu pesat, berbagai penyimpangan nilai-nilai religius dan moral telah banyak terjadi pada masyarakat. Pendidikan adalah salah satu alternatif untuk mengembangkan generasi muda dan meminimalisasi berbagai permasalahan karakter yang terjadi. Dalam upaya untuk memaksimalkan kegiatan pendidikan karakter dapat ditempuh salah satunya dengan menerapkan sistem full day school. Tujuan penelitian ini salah satunya adalah untuk mengungkap pelaksanaan sistem full day school dalam pendidikan karakter siswa di SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan sejak tanggal 25 April 2018 sampai 10 Agustus 2018. Subjek pada penelitian ini adalah kepala sekolah, waka kurikulum dan guru Al-Islam, sedangkan informan pada penelitian ini adalah murid dan orangtua/wali. Data dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data yang sudah terkumpul dianalisis dengan triangulasi sumber dan triangulasi metode, selanjutnya dianalisis dengan model interaktif dengan tiga tahapan yaitu melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan sistem full day school dalam pendidikan karakter siswa di SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar terdapat beberapa kegiatan yang dapat dikelompokkan menjadi kegiatan yang dilaksanakan di luar kelas dan kegiatan yang dilaksanakan di dalam kelas. Adapun kegiatan diluar kelas diantaranya shalat dhuha berjamaah, murajaah menjelang shalat, menata tikar untuk shalat berjamaah, shalat ashar berjamaah, infaq setiap hari senin dan hari jumat, sedekah beras setiap bulan, menyanyikan lagu Indonesia raya, mars PPK (Penguatan Pendidikan Karakter), mars Muhammadiyah, dan mars SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar. Nilai karakter religius, disiplin dan peduli sosial diharapkan terbentuk melalui kegiatan shalat dhuha berjamaah, murajaah menjelang shalat, menata tikar untuk shalat berjamaah, shalat ashar berjamaah, infaq setiap hari senin dan hari jumat, sedekah beras setiap bulan. Sedangkan nilai karakter cinta tanah air, bertanggung jawab, kerja keras dan mandiri diharapkan dapat terbentuk melalui kegiatan menata tikar untuk shalat berjamaah dan menyanyikan lagu Indonesia raya, mars PPK (Penguatan Pendidikan Karakter), mars Muhammadiyah, dan mars SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar. Kegiatan didalam kelas pada saat pembelajaran, guru lebih menekankan pada pembentukan akhlak. Setiap hari jum’at pada jam ke-9 dan jam ke-10 dilaksanakan kegiatan hizbul wathan yang wajib diikuti seluruh kelas X.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 26 Dec 2018 07:28
Last Modified: 26 Dec 2018 07:28
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/2537

Actions (login required)

View Item View Item