IMPLEMENTASI POLA PEMBELAJARAN SENTRA DI BA AISIYAH SIWAL BAKI SUKOHARJO TAHUN 2017/2018

KURNIASARI, RIZKY and Ernawati, Fetty (2017) IMPLEMENTASI POLA PEMBELAJARAN SENTRA DI BA AISIYAH SIWAL BAKI SUKOHARJO TAHUN 2017/2018. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
RIZKY KURNIASARI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Rizky Kurniasari, September 2017, Implementasi Pola Pembelajaran Sentra di BA Aisiyah Siwal Baki Sukoharjo Tahun Pelajaran 2017/2018, Skripsi: Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta. Pembimbing : Ibu Dr. Fetty ernawati, S. Psi., M.Pd Kata kunci : Implementasi pola pembelajaran, sentra Anak-anak kurang berkembang dalam mengeksplore kreatifitasnya ketika mereka menggunakan model pembelajaran yang hanya duduk diam dan menunggu perintah guru serta masih adanya lembaga pendidikan anak usia dini yang belum menerapkan pola pembelajaran yang menyenangkan bagi anak, salah satunya dengan model sentra. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pola pembelajaran sentra di BA Aisiyah Siwal Baki Sukoharjo tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dilaksanakan di BA Aisiyah Siwal Baki Sukoharjo pada bulan Juli-September 2017. Subjek penelitiannya adalah guru BA Aisiyah Siwal, sedangkan Informannya yaitu Kepala BA Aisiyah Siwal, wali murid. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk mengetahui keabsahan data digunakan teknik triangulasi data dan metodologis, sedangkan teknik analisis data dianalisis dengan interaktif (Interactive model of analysis)yang terdiri dari komponen analisis yaitu pengumpulan data, reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: bahwa Implementasi pola pembelajaran sentra di BA Aisiyah Siwal berbasis IMTAQ (iman dan taqwa). BA Aisiyah Siwal menerapkan IMTAQ pada semua sentra. Selain itu proses pembelajarannya meliputi pijakan awal sebelum pembelajaran secara klasikal, yaitu berupa absen yang dilakukan guru beserta doa sebelum pembelajaran dimulai. Setelah itu barulah memulai pembelajaran sentra di luar kelas yang meliputi inti pembelajaran, guru memberikan penjelasan-penjelasan ke pada anak mengenai tema yang akan dibahas pada hari itu juga serta tugas apa yang harus diselesaikan anak. Ketika anak telah menyelesaikan tugasnya, anak boleh untuk beristirahat memakan bekal yang dibawa dari rumah, barulah seusai jeda istirahat masuk pada sesi pijakan akhir pembelajaran yang berisi evaluasi pembelajaran dari awal hingga akhir, guru memberikan sedikit pengulangan tentang tema yang diangkat dan memberikan beberapa pertanyaan materi pembelajaran yang telah terlaksana pada hari itu juga kepada anak-anak dengan bahasa yang mudah anak-anak pahami. Yang terakhir adalah penutup, yaitu berupa pembacaan beberapa surat pendek dalam Al-qur’an dan juga doa-doa salah satunya adalah doa ketika mau pulang.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 26 Dec 2018 07:27
Last Modified: 26 Dec 2018 07:27
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/2534

Actions (login required)

View Item View Item