PENGEMBANGKAN KECERDASAN LINGUISTIK DI PAUD INSAN KAMIL DWP IAIN SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Ayuni, Qurrotul and Ernawati, Fetty (2017) PENGEMBANGKAN KECERDASAN LINGUISTIK DI PAUD INSAN KAMIL DWP IAIN SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
QURROTUL AYUNI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

QurrotulAyuni. 133131035. PengembanganKecerdasanLinguistik di PAUD InsanKamil DWP IAIN Surakarta TahunPelajaran 2017/2018: JurusanPendidikan Islam AnakUsiaDini, FakultasIlmuTarbiyah Dan Keguruan, IAIN Surakarta. Pembimbing : Dr. FettyErnawati, S. Psi., M. Pd Kata Kunci :KecerdasanLinguistik, AnakUsiaDini Permasalahdalampenelitianiniterdapatbeberapaanakbelummencapaitingkat perkembanganlinguistikanaksesuaistandar yang ada.Penelitianinibertujuanuntukmengetahuipengembanganlinguistikanak di PAUD InsanKamil DWP IAIN Surakarta TahunPelajaran 2017/2018. Penelitianinimenggunakanjenispenelitiankualitatifdeskriptif, dilaksanakan di PAUD InsanKamil DWP IAIN Surakarta dilaksanakanpadabulanJuli 2017 sampaidengan September 2017.Subjekpenelitianiniadalah guru kelaskelompok KB b. InformanpenelitianiniadalahKepalaSekolah, dan guru kelompok KB a. Metode yang digunakandalampenelitianiniadalahobservasi, dokumentasidanwawancara. Untukmengecekkeabsahan data menggunakantekniktriangulasimetodedansumber.Teknikanalisisnyamenggunakan model analisis data interaktif, tahap yang ditempuhyaitureduksi data, penyajian data danpenarikankesimpulan. Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwa di PAUD InsanKamil DWP IAIN Surakarta dalampengembanganlinguistikanakusiadini, meggunakanmetodeceritabergambar, yaitu guru membacakanceritamaksimaldua kali dalamseminggu. Sebelumkegiatanbercerita, guru memperlihatkanbukuceritatersebutdanmengajakanakuntukmenebaktentangapabuk uceritatersebut. Setelahitu guru membacakancerita.Untukmenghidupkansuasanadanuntukmemancinglinguistikana k, guru memberikanberbagaipertanyaanmengenaiapa yang adadiceritatersebut .Setelahselesai, guru memberikankesempatankepadaanakuntukmenceritakansecarasingkatsetelahmende ngarkanceritadari guru. Hal inijugabertujuansupayaanakdapatberkomunikasidenganoramg lain secaranyaman, anakdapatmengungkapkanapa yang adadalamfikirananakdengannyaman. Pengembanganlinguistikanakdilakukantidakhanyadalampembelajaransaja, melainkansaat di luarpembelajaran.Indikatorkeberhasilanpengembanganlinguistikanakjikaanakmam puberceritasecarasederhanadanjugadilihathari STPPA.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 26 Dec 2018 01:11
Last Modified: 26 Dec 2018 01:11
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/2525

Actions (login required)

View Item View Item