UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL DI RA ASSALAM WONOREJO KECAMATAN GONDANGREJO KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Sahid, Oryza Sativa Zamzanul and Subandji, Subandji (2018) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL DI RA ASSALAM WONOREJO KECAMATAN GONDANGREJO KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2016/2017. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
ORYZA SATIVA ZAMZANUL SAHID.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Oryza Sativa Zamzanul Sahid, NIM 133131010. Upaya Meningkatkan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional Di RA Assalam Wonorejo Kecamatan Gondangrejo Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Jurusan Tarbiyah, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Institut Agama Islam Negeri Surakarta, November 2017 Pembimbing : Drs. subandji, M.Ag. Kata Kunci : Keterampilan Sosial, Permainan Tradisional. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan social melalui kegiatan bermain peran pada Kelompok A2 RA Assalam Wonorejo Kecamatan Gondangrejo Kabupaten Karanganyar. Penelitian ini dilakukan karena terdapat permasalahan dalam ketrampilan social pada anak Kelompok A2 RA Assalam Wonorejo Kecamatan Gondangrejo Kabupaten Karanganyar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif dengan menggunakan model Kemmis dan McTaggart. Subjek penelitian adalah anak Kelompok A2 yang berjumlah 17 anak. Objek penelitian ini adalah keterampilan sosial. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes praktek. Instrumen yang digunakan adalah pedoman observasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu jika minimal 75% dari 17 anak memiliki keterampilan sosial dengan kriteria sangat baik. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan tradisional yang dilakukan melalui 1) stimulasi anak untuk paham dan taat pada aturan, 2) stimulasi agar anak sabar menunggu giliran, 3) mengembangkan interaksi antar anak dalam kelompok. Tindakan tersebut dapat meningkatkan keterampilan sosial anak. Pada saat dilakukan observasi pratindakan, sebesar 6,67% masih menunjukkan bahwa hasil pelaksanaan masih kurang dari indicator keberhasilan yang ditentukan berada pada kriteria belum berkembang, pada Siklus I sebesar 53,33% menunjukkan adanya peningkatan namun belum mencapai indikator yang ditentukan karena masih berada pada kriteria Berkembang sesuai harapan dan pada Siklus II sebesar 75,67%. Perolehan persentase pada Siklus II menunjukkan bahwa keterampilan sosial anak Kelompok A dengan kriteria sangat baik telah mencapai indikator keberhasilan sebesar 75% dan pelaksanaan penelitian dihentikan.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 26 Dec 2018 01:11
Last Modified: 26 Dec 2018 01:11
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/2522

Actions (login required)

View Item View Item