EVALUASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) INKLUSI DI PRA TK-TK LAZUARDI KAMILA GLOBAL ISLAMIC SCHOOL (GIS) SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

KUSNA, NUR ARINI ASMAUL and Setiyatna, Hery (2018) EVALUASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) INKLUSI DI PRA TK-TK LAZUARDI KAMILA GLOBAL ISLAMIC SCHOOL (GIS) SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
NUR ARINI ASMAUL KUSNA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Nur Arini Asmaul Kusna, Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Inklusi di Pra TK – TK Lazuardi Kamila Global Islamic School (GIS) Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018, Skripsi: Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta, Desember 2017. Pembimbing: Hery Setiyatna, M.Pd Kata Kunci: Evaluasi, Pembelajaran, PAUD inklusi. Layanan Pendidikan Inklusi sangat membantu dan memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi anak-anak untuk menempuh pendidikan yang setara. Akan tetapi kurangnya layanan pada lembaga PAUD dalam menyelenggarakan program pendidikan inklusi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis evaluasi pembelajaran PAUD Inklusi di Pra TK – TK Lazuardi Kamila GIS Surakarta Tahun Pelajaran 2017/ 2018. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Pra TK –TK Lazuardi Kamila GIS Surakarta pada tanggal 23 Oktober- 10 Desember 2017. Subjek Penelitian Guru Pendamping Khusus (GPK). Informan penelitian ini adalah Kepala Sekolah dan Wali Kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Teknik analisis data dengan menggunakan model analisis interaktif, yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pra TK – TK Lazuardi Kamila GIS Surakarta melakukan perencanaan dengan observasi awal secara langsung maupun tidak langsung, kemudian antara terapis dan guru kelas saling berkoordinasi untuk menentukan rencana pembelajaran yang akan diberikan untuk ABK. Implementasi pembelajaran berupa pengelolaan kelas ketersediaan sarana prasarana didukung oleh alat-alat dari Pelangi. Proses pembelajaran PAUD inklusi di PRA TK–TK Lazuardi Kamila GIS Surakarta berupa kegiatan proses belajar mengajar adapun peserta didik reguler dengan ABK disamakan, hanya ketika evaluasi untuk ABK sesuai dengan IEP (Individual Education Program) yang telah ditentukan oleh terapis, dan guru sentra selalu berkoordinasi dengan terapis. Adapun untuk mengetahui apakah program pembelajaran yang telah dibuat telah berhasil atau belum. Antara terapis, wali kelas dan guru pendamping setiap akhir pembelajaran selalu berkoordinasi untuk melakukan review. Faktor penghambat atau kendala yang ditemukan jika ABK mengalami tantrum dan dapat di tangani dengan baik oleh terapis. Dengan layanan inkusi yang telah dilakukan oleh PRA TK–TK Lazuardi Kamila GIS Surakarta, maka lembaga tersebut layak menjadi sekolah ramah anak.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 26 Dec 2018 01:11
Last Modified: 26 Dec 2018 01:11
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/2521

Actions (login required)

View Item View Item