PENINGKATAN MULTIPLE INTELLIGENCES MELALUI EKSTRAKURIKULER DI SMP LAZUARDI KAMILA GLOBAL ISLAMIC SCHOOL (GIS) SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Sesar, Mufid Yuliana and Munadi, Muhammad (2018) PENINGKATAN MULTIPLE INTELLIGENCES MELALUI EKSTRAKURIKULER DI SMP LAZUARDI KAMILA GLOBAL ISLAMIC SCHOOL (GIS) SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
MUFID YULIANA SESAR.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Mufid Yuliana Sesar, 2018, Peningkatan Kecerdasan Visual-Spasial melalui Ekstrakurikuler Animasi di SMP Lazuardi Kamila Global Islamic School (GIS) Surakarta, Skripsi: Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Surakarta. Pembimbing : Muhammad Munadi, S.Pd,.M.Pd. Kata Kunci : Kecerdasan Visual-Spasial, Ekstrakurikuler Kelas Animasi Masalah dalam penelitian ini adalah penyaluran potensi siswa melalui ekstrakurikuler sekolah.Salah satunya adalah kegiatan ekstrakurikuler kelas animasi.Adanya kegiatan ekstrakurikuler animasi ini dapat mengembangkan kecerdasan visual-spasial siswa.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Peningkatan Kecerdasan Visual-Spasialmelalui Ekstrakurikuler Animasi di SMP Lazuardi Kamila Global Islamic School (GIS) Surakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif.Penelitian ini dilaksanakan di SMP Lazuardi Kamila Global Islamic School (GIS) Surakarta, dimulai dari bulan Juli sampai dengan November 2017.Subyek dalam penelitian ini adalah guru ekstrakurikuler animasi dan peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler kelas animasi.Sedangkan informan dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah dan Wakakurikulum/Wakakesiswaan di SMP Lazuardi Kamila Global Islamic School (GIS) Surakarta.Data dikumpulkan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi untuk menguji keabsahan data dilakukan triangulasi.Data yang sudah terkumpul dianalisis dengan model interaktif. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Peningkatan Kecerdasan Visual-Spasial melalui Ekstrakurikuler Animasi di SMP Lazuardi Kamila Global Islamic School (GIS) Surakarta adalah dengan cara pelatihan mewarnai gambar, melukis khayalan, membuat sketsa, mendesain, membuat gambar imajinasi, membuat visualisasi, dan membuat symbol grafik di setiap pertemuan. Dalam proses kegiatan ekstrakurikuler ini guru juga menggunakan metode, strategi, dan media yang relevan untuk mengembangkan kecerdasan yang lain terutama kecerdasan visual-spasial siswa. Factor pendukung dalam peningkatan kecerdasan visual-spasial melalui ekstrakurikuler di SMP Lazuardi Kamila Global Islamic School (GIS) Surakarta adalah kelengkapan sarana dan prasarana yang disediakan untuk peserta didik terutama peserta didik yang berkebutuhan khusus. Selain itu, dalam kelas animasi ini dikelompokkan menjadi 3 kelompok antara lain kelompok awam yaitu kelompok yang belum mahir dalam animasi, kelompok animator adalah kelompok yang sudah mahir dalam animasi, dan kelompok ABK yaitu kelompok anak berkebutuhan khusus yang berkategori lamban belajar (slow learner).

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 26 Dec 2018 01:11
Last Modified: 26 Dec 2018 01:11
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/2519

Actions (login required)

View Item View Item