HUBUNGAN KREATIVITAS GURU DENGAN MINAT BELAJAR MATA PELAJARAN FIQIH SISWA KELAS X MAN KARANGANYAR TAHUN 2017/2018

SAPTYONADI, KUNNUR and wahyunimgsih, Retno (2017) HUBUNGAN KREATIVITAS GURU DENGAN MINAT BELAJAR MATA PELAJARAN FIQIH SISWA KELAS X MAN KARANGANYAR TAHUN 2017/2018. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
KUNNUR SAPTYONADI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kunnur Saptyonadi (133111349), 2017, Hubungan Kreativitas Guru dengan Minat Belajar Mata Pelajaran Fiqih Siswa Kelas X MAN Karanganyar Tahun 2017/2018. Skripsi: Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta. Pembimbing : Dr. Retno Wahyuningsih, S.Si., M.Pd Kata Kunci : Kreativitas guru, Minat belajar Masalah dalam penelitian ini adalah proses pembelajaran yang kurang bervariasi dan kurangnya kreativitas guru dalam menerapkan metode dan strategi dalam pembelajaran. Keadaan tersebut akan berakibat terhadap menurunnya minat belajar dan belajar siswa itu sendiri. Tujuan yang hendak dicapai dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui kreativitas guru mata pelajaran fiqih kelas X MAN Karanganyar tahun 2017/2018. (2) Mengetahui minat belajar siswa mata pelajaran fiqih kelas X MAN Karanganyar tahun 2017/2018. (3) Mengetahui hubungan kreativitas guru dengan minat belajar siswa kelas X MAN Karanganyar 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan metode korelasional. Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari sampai bulan November tahun 2017. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode angket yang dibagikan kepada siswa dan didukung dengan metode dokumentasi sebagai pelengkap data. Sampel penelitian ini sebanyak 146 dari 229 siswa menggunakan propotional random sampling. Uji hipotesis menggunakan teknik korelasi product moment yang sebelumnya sudah menggunakan uji prasyarat analisis dengan uji normalitas. Hasil penelitian ini adalah (1) Kreativitas guru mata pelajaran fiqih kelas X MAN Karanganyar tahun 2017/2018 tergolong dalam kategori sedang dengan persentase 67,81% yang berjumlah 99 siswa. Rata-rata yang diperoleh adalah 100,6096; median 101,38235; modus 103; standar deviasi 7,358. (2) Minat belajar mata pelajaran fiqih siswa kelas X MAN Karanganyar tahun 2017/2018 tergolong dalam kategori sedang dengan persentase 60,96% yang berjumlah 89 siswa. Rata- rata yang diperoleh adalah 101,2808; median 101,0484; modus 101,6538; standar deviasi 7,260. (3) Berdasarkan hasil korelasi product moment diperoleh nilai rhitung (0,161) > rtabel (0,159), sehingga Ha diterima. Jadi kesimpulannya terdapat hubungan positif antara kreativitas guru dengan minat belajar mata pelajaran fiqih siswa kelas X MAN Karanganyar tahun 2017/2018.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 26 Dec 2018 01:11
Last Modified: 26 Dec 2018 01:11
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/2518

Actions (login required)

View Item View Item