PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN MELALUI KEGIATAN KEPRAMUKAAN PADA SISWA KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 3 SRAGEN TAHUN 2018

Nuvitasari, Westri Anggi and Islam, Syaiful (2018) PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN MELALUI KEGIATAN KEPRAMUKAAN PADA SISWA KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 3 SRAGEN TAHUN 2018. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
PDF FULL SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Westri Anggi Nuvitasari, 2018, Pelaksanaan Pendidikan Karakter Disiplin Melalui Kegiatan Kepramukaan Pada Siswa Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Sragen Tahun 2018, Skripsi: Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta. Pembimbing: Dr. Saiful Islam, M.Ag Kata kunci: Pendidikan Karakter Disiplin, Kepramukaan Masalah dalam penelitian ini adalah kedisiplinan semakin memudar, tata tertib di sekolah hanya sebatas simbolis semata, dan perilaku disiplin pada siswa kelas V masih kurang. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan karakter disiplin melalui kegiatan kepramukaan pada siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Sragen. Penelitian ini dilaksanakan di MIN 3 Sragen pada bulan Maret-Mei 2018. Subjek penelitian adalah Pembina Pramuka, sedangkan informannya adalah Kepala Madrasah, guru, dan siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu berupa pemaparan data secara tertulis mengenai data-data terkait, baik yang tertulis maupun lisan dari objek penelitian yang ada di lembaga tersebut di atas yang telah diamati, dimana dalam hal ini penulis menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik keabsahan data yang digunakan adalah dengan triangulasi sumber dan metode. Data yang terkumpul kemudian di analisa dengan proses mencakup empat kegiatan yang bersamaan: (1) pengumpulan data, (2) reduksi data, (3) penyajian data, dan (4) penarikan kesimpulan (verifikasi). Hasil penelitian ini disimpulkan sebagai berikut pelaksanaan pendidikan karakter disiplin melalui kegiatan kepramukaan pada siswa kelas V di MIN 3 Sragen menggunakan pengenalan nilai karakter khususnya disiplin, serta keteladanan dari guru dan pembina pramuka melalui kegiatan kepramukaan yang sesuai dengan prinsip dasar dan metode kepramukaan diantaranya: (1) Kegiatan upacara, siswa dilatih untuk berdisiplin menaati peraturan, disiplin sikap, disiplin waktu dalam mengikuti tata cara upacara. (2) Kegiatan baris-berbaris, kegiatan ini mengajarkan siswa berdisiplin peraturan, disiplin sikap dan disiplin waktu dalam merespon aba-aba dari pemimpin. (3) Kegiatan tali-temali, mengajarkan siswa berdisiplin diri tidak menyia-nyiakan waktu dari pembina dalam membuat menara. (4) Kegiatan semapore, melatih siswa berdisiplin peraturan, disiplin sikap dan disiplin waktu dalam mengirim dan menerima pesan dengan bendera semapore. (5) Kegiatan permainan, mengajarkan agar siswa berdisiplin menaati tata tertib pada permainan. (6) Kegiatan penjelajahan, siswa dilatih berdisiplin diri baik peraturan, sikap dan waktu saat mengikuti rute penjelajah.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 26 Dec 2018 01:10
Last Modified: 26 Dec 2018 01:10
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/2497

Actions (login required)

View Item View Item