HUBUNGAN PEMAHAMAN MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DENGAN PERILAKU SOPAN SANTUN SISWA KELAS II DI MI MUHAMMADIYAH WALEN 1 SIMO BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Rochimah, Siti and Suyatman, Suyatman (2018) HUBUNGAN PEMAHAMAN MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DENGAN PERILAKU SOPAN SANTUN SISWA KELAS II DI MI MUHAMMADIYAH WALEN 1 SIMO BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2017/2018. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
skripsi acc fix.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Siti Rochimah, 2018, Hubungan Pemahaman Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Dengan Perilaku Sopan Santun Siswa Kelas II Di MI Muhammadiyah Walen 1 Simo Boyolali Tahun Pelajaran 2017/2018, Skripsi: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta. Pembimbing: Suyatman, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Pemahaman Mata Pelajaran Aqidah Akhlak dan Perilaku Sopan Santun Siswa Penelitian ini dilator belakangi oleh masih rendahnya perilaku sopan santun siswa yang diakibatkan oleh beberapa faktor. Salah satunya faktor kemampuan pemahaman mata pelajaran Aqidah Akhlak yang dimiliki oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui gambaran tentang pemahaman mata pelajaran Aqidah Akhlak siswa, 2) mengetahui gambaran perilaku sopan santun siswa, dan 3) mengetahui hubungan pemahaman mata pelajaran Aqidah Akhlak dengan perilaku sopan santun siswa kelas II di MIM Walen 1 Simo Boyolali. Metode yang digunakan adalah kuantitatif asosiaif. Tempat penelitian di MIM Walen 1 Simo Boyolali. Waktu penelitian dari bulan Januari 2018 sampai bulan Juni 2018. Sampel yang digunakan sebanyak 24 siswa yang dicari dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan berupa tes untuk memperoleh data tentang pemahaman mapel Aqidah Akhlak, metode angket untuk memperoleh data tentang perilaku sopan santun siswa dan metode dokumentasi untuk mengetahui data siswa. Teknik analisis data menggunakan analisa unit (mean, median dan modus), uji normalitas menggunakan uji liliefors dan pengujian hipotesis mengunakan rumus Spearman Rank. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat diperoleh data: 1) pemahaman mata pelajaran Aqidah Akhlak siswa kelas II di MIM Walen 1 Simo Boyolali dalam kategori sedang ditunjukkan dengan kategori tinggi sebanyak 6 siswa atau 25%, pada kategori sedang sebanyak 15 siswa atau 62%, pada kategori rendah 3 siswa atau 12%, 2) Perilaku sopan santun siswa dalam kategori sedang ditunjukkan pada kategori tinggi sebanyak 20 siswa atau 24%, pada kategori sedang sebanyak 12 siswa atau 50%, pada kategori rendah sebanyak 2 siswa atau 8%, 3) terdapat hubungan positif antara pemahaman mata pelajaran Aqidah Akhlak dengan perilaku sopan santun kelas II di MIM Walen 1 Simo Boyolali tahun pelajaran 2017/2018 diperoleh sig (p) 0,003 < 0,05. Hal ini berarti semakin tinggi pemahaman mata pelajaran Aqidah Akhlak yang dimiliki siswa maka semakin tinggi pula perilaku sopan santun siswa. Sebaliknya, semakin rendah pemahaman mata pelajaran Aqidah Akhlak siswa maka semakin rendah pula perilaku sopan santun siswa.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 26 Dec 2018 01:10
Last Modified: 26 Dec 2018 01:10
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/2495

Actions (login required)

View Item View Item