PENGARUH PENERAPAN MEDIA VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR PADA SISWA KELAS II DI MI RAUDLATUS SHOLIHIN GEMOLONG SRAGEN TAHUN PELJARAN 2017/2018

AKHSAN, MAULANA and WIBOWO, WIBOWO (2018) PENGARUH PENERAPAN MEDIA VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR PADA SISWA KELAS II DI MI RAUDLATUS SHOLIHIN GEMOLONG SRAGEN TAHUN PELJARAN 2017/2018. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Maulana Akhsan (143141049), 2018, Pengaruh Penerapan Media Visual Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Datar pada Siswa Kelas II di MI Raudlatus Sholihin Gemolong Tahun Pelajaran 2017/2018, Skripsi: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta. Pembimbing : Ari Wibowo, S.Si., M.Pd. Kata Kunci : Media Visual, Hasil Belajar, Matematika Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas II di MI Raudlatus Sholihin Gemolong Sragen yaitu dibuktikan dengan terlihat siswa bosan saat pembelajaran matemamatika, anggapan siswa bahwa matematika sulit, dan terdapat sekitar 40% dari 37 siswa mendapatkan nilai dibawah KKM. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan hasil belajar matematika siswa pada materi bangun datar yang menggunakan media flashcard di kelas II MI Raudlatus Sholihin Gemolong. 2) Mendeskripsikan hasil belajar matematika siswa pada materi bangun datar yang menggunakan media geoboard di kelas II MI Raudlatus Sholihin Gemolong.3) Membandingkan hasil belajar matematika siswa pada materi bangun datar yang menggunakan media geoboard lebih tinggi dari pada yang menggunakan media kartu bangun datar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif ekserimen dengan desain quasi experiment. Penelitian ini dilakukan di MI Raudlatus Sholihin Gemolong pada bulan April s/d Mei 2018. Populasi meliputi seluruh sisw kelas II yang berjumlah 113 siswa, dan sampel yang diambil sebanyak 74 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang dipakai berupa tes dan dokumentasi. Uji coba instrumen tes hasil belajar menghasilkan 27 butir soal valid dan 3 butir soal tidak valid. Uji normalitas data diperoleh signifikansi 0,000 dengan taraf kesalahan 5% maka data disimpulkan tidak normal. Karena uji homogenitas lebih dari 0,05 maka data tersebut dapat disimpulkan dari populasi yang homogen. Hasil penelitian menunjukkan menunjukkan bahwa 1) Hasil belajar matematika materi bangun datar yang menggunakan media flashcard diperoleh nilai rata-rata sebesar 87,36 dengan KKM sebesar 65. 2) Hasil belajar matematika materi bangun datar siswa yang menggunakan media geoboard diperoleh nilai rata-rata 95,22 dengan KKM sebesar 65. 3) Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji Mann Whitney (Uji-U) diperoleh nilai uji sebesar 0,00 < 0,05 dan nilai Zhitung -3,632 < Ztabel -0,35 maka H0 ditolak, artinya terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa yang menggunakan media flashcard dengan yang menggunakan media geoboard. Media yang lebih efektif adalah media geoboard.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 26 Dec 2018 01:10
Last Modified: 26 Dec 2018 01:10
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/2493

Actions (login required)

View Item View Item